Israel Tarik Ribuan Tentara dari Gaza, Sinyal Kekalahan?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Ribuan tentara Israel akan dipindahkan dari Jalur Gaza. Ini merupakan penarikan pasukan signifikan pertama sejak perang dimulai ketika pasukan terus menyerang kota utama di bagian selatan wilayah kantong tersebut.

Pernyataan tersebut diungkapkan militer Israel, dikutip AP pada hari Senin, (1/1).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pergerakan pasukan ini bisa menjadi sinyal bahwa pertempuran sedang dikurangi di beberapa wilayah Gaza, khususnya di bagian utara dimana militer Israel mengklaim mereka hampir mengambil alih kendali operasional. Israel mendapat tekanan dari sekutu utamanya, Amerika Serikat, untuk mulai beralih ke pertempuran dengan intensitas lebih rendah.

Kabar mengenai penarikan tersebut muncul menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Antony Blinken ke wilayah tersebut dan setelah pemerintahan Biden melewati Kongres kedua kalinya bulan ini, yang menyetujui penjualan senjata darurat ke Israel.

Namun pertempuran sengit terus berlanjut di wilayah lain di Gaza, terutama kota selatan Khan Younis dan wilayah tengah wilayah tersebut. Israel telah berjanji untuk terus maju sampai tujuan perangnya tercapai, termasuk membubarkan Hamas, yang telah memerintah Gaza selama 16 tahun.

Militer mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Senin bahwa lima brigade, atau beberapa ribu tentara, akan dibawa keluar dari Gaza dalam beberapa minggu mendatang untuk pelatihan dan istirahat.

Juru bicara militer Laksamana Muda Daniel Hagari dalam sebuah pengarahan hari Minggu yang pertama kali mengumumkan penarikan pasukan tanpa merinci berapa banyak pasukan yang akan dilibatkan. Ia tidak mengatakan apakah keputusan itu berarti Israel meluncurkan fase baru perang.

“Tujuan perang memerlukan pertempuran yang berkepanjangan, dan kami sedang mempersiapkannya,” katanya.

Israel mengklaim lebih dari 8.000 militan telah terbunuh, tanpa memberikan bukti. Mereka menyalahkan Hamas atas tingginya angka kematian warga sipil, dan mengatakan bahwa para militan bersembunyi di wilayah pemukiman, termasuk sekolah dan rumah sakit.

Perang tersebut telah menyebabkan 85 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi, menyebabkan gelombang besar orang mencari perlindungan di daerah aman yang ditetapkan Israel namun tetap saja dibom oleh militer.

Warga Palestina merasa tidak ada tempat yang aman di wilayah kecil ini.

Di Khan Younis, tempat Israel diyakini memiliki ribuan tentara, penduduk melaporkan adanya serangan udara dan penembakan di bagian barat dan tengah kota. Militer dan kelompok militan Jihad Islam melaporkan bentrokan di daerah tersebut.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan di X, sebelumnya Twitter, bahwa mereka mengangkut beberapa orang tewas dan terluka menyusul serangan Minggu malam di Beach Street di Khan Younis.

Mereka mengunggah rekaman malam hari yang menunjukkan petugas medis membawa korban ke ambulans.

Pertempuran juga dilaporkan terjadi di kamp-kamp pengungsi perkotaan di Gaza tengah, tempat Israel memperluas serangannya pekan lalu.

“Itu adalah rutinitas kami, pemboman, pembantaian dan martir,” kata Saeed Moustafa, seorang warga Palestina dari kamp Nuseirat.

Dia mengatakan bisa mendengar ledakan sporadis dan tembakan di Nuseirat dan di sekitar kamp Bureij dan Maghazi.

“Saat kita bicara, ada ledakan besar tidak jauh dari rumah saya,” katanya melalui panggilan telepon, Senin pagi.
Militer mengatakan serangan udara menewaskan Adel Mismah, komandan regional pasukan elit Nukhba Hamas, di pusat kota Deir Al-Balah.

Hamas menembakkan rentetan besar roket ke arah Israel, termasuk ke pusat komersialnya Tel Aviv, ketika jam menunjukkan tengah malam pada Malam Tahun Baru.

Israel mengatakan perang akan berlangsung berbulan-bulan. Mereka berpendapat bahwa perlu waktu untuk membersihkan Gaza dari senjata dan infrastruktur militan dan untuk mencegah Hamas melancarkan serangan lebih lanjut.

Israel menolak seruan internasional untuk melakukan gencatan senjata jangka panjang, dan mengatakan bahwa hal itu akan berarti kemenangan bagi Hamas.

Shlomo Brom, pensiunan brigadir jenderal yang pernah bertanggung jawab atas perencanaan strategis di militer Israel, mengatakan pergantian pasukan mungkin karena tekanan AS.

Dia mengatakan hal itu menunjukkan adanya perubahan dalam cara Israel melakukan perang di beberapa wilayah.

“Perang tidak akan berhenti,” kata Brom. “Ini adalah awal dari mode operasi yang berbeda,” tambahnya.

Warga Israel sebagian besar masih mendukung tujuan perang tersebut, meski korban jiwa tentara semakin meningkat.

Selama akhir pekan, militer mengatakan bahwa tentara yang tewas sejak operasi darat dimulai – pada hari Senin, totalnya 172 orang – 18 orang tewas akibat tembakan teman sementara 11 lainnya tewas karena kerusakan atau kecelakaan senjata atau peralatan.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *