Hikmah Siang: Sarana-sarana Dakwah Kian Banyak & Mudah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ada perkara penting yang menjadi kewajiban dan tanggungan para Ulama dan orang-orang yang mengemban ilmu agama. Kewajiban itu adalah menyampaikan ajaran agama dan mengajarkannya kepada manusia. Sesungguhnya para pengemban ilmu, baik itu para Ulama dan thullâbul ilmi (para penuntut ilmu) merupakan para pewaris nabi dan berperan meneruskan misi para rasul untuk menyampaikan ajaran agama dan mengajarkannya.

Karena Nabi Muhammad ﷺ telah menjadi rasul penutup bagi seluruh nabi dan rasul, maka risalah yang wajib diserukan, disebarluaskan dan didakwahkan adalah syariat Nabi Muhammad ﷺ. Kewajiban itu tiada lain hanya menjadi kewajiban ahli ilmu saja.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mereka itulah orang-orang yang Allâh عَزَّ وَجَلَّ jadikan sebagai pengemban misi tersebut, yang mengajak dan mengantarkan manusia kepada Islam dengan ucapan, perbuatan dan perilaku mereka yang zhahir maupun batin. Tugas dan kewajiban mereka amat agung. Tanggung-jawab mereka pun sangat besar. Umat berada dalam tanggung-jawab mereka. Sebab, umat sangat membutuhkan penjelasan dan dakwah melalui berbagai cara yang memungkinkan.

Sarana-sarana yang dapat ditempuh untuk mendakwahkan Islam hari-hari ini semakin banyak. Menyebarluaskan ajaran Islam bisa dilakukan melalui media tulisan, lisan, maupun media visual. Sarana-sarana itu mendatangkan dampak luar biasa dalam mengajak manusia kepada kebenaran dan ketaatan.

Begitu pula ceramah-ceramah dalam shalat Jum’at, shalat hari raya, pada momen-momen tertentu, seminar-seminar atau acara-acara lainnya, memiliki pengaruh-pengaruh yang baik juga. Demikian pula, selebaran-selebaran buletin, buku-buku dan surat-surat, memiliki pengaruh-pengaruh yang besar.

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

📲 @IslamAdalahSunnah​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *