Heboh! Kapal Dagang Israel Yang Ingin Berlabuh di Indonesia, Muhammadiyah: Pemerintah Harus Tegas

Kapal Dagang Israel Yang Ingin Berlabuh di Indonesia
Kapal Dagang Israel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur mengimbau pemerintah Indonesia menolak rencana masuknya kapal dagang Israel ke Indonesia jika rumor sensasional yang beredar benar adanya. Persoalan kapal dagang Israel yang berlabuh di Indonesia memang meresahkan masyarakat, sehingga pemerintah harus bertindak secepatnya.

Demikian disampaikan Ketua PW Muhammadiyah Jatim, Sukadiono, di Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 4 Januari 2024. “Pemerintah harus tegas dan kami mendorong pemerintah untuk [kedatangan] kapal Israel,” kata Sukadiono.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia menuturkan, pihaknya tak punya kewenangan untuk menyikapi kedatangan kapal dagang Israel. Namun, lanjut dia, pemerintah tetap harus bersikap tegas mengingat antara Indonesia dengan Israel tidak punya hubungan diplomatik. Selain itu, dunia sudah mengetahui bagaimana sikap Israel terhadap Palestina.

Maka itu, sebagai organisasi masyarakat berbasis Islam terbesar kedua di Tanah Air, Muhammadiyah meminta agar pemerintah turun tangan menangani persoalan itu. “Jelas pemerintah harus hadir,” ujar Sukadiono.

Isu kapal dagang Israel akan berlabuh ke Indonesia pertama kali disebarkan oleh pegiat media sosial Erlangga Greschinov melalui akun Instagramnya, @greschinov.

Greschinov menyampaikan surat terbuka kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Senin, 1 Januari 2024. Dalam unggahannya, dia menyebut kapal-kapal berbendera Israel, ZIM Marine, akan berlabuh di Indonesia.

Menurut dia, pelabuhan-pelabuhan yang akan disinggahi ZIM Marine seperti Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta; Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur; Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah; dan Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Adapun ZIM Trade adalah penyedia jasa logistik perdagangan milik Israel. Dalam penelusuran di situsnya, ZIM mencantumkan layanan pelayaran ke Indonesia namun dengan China Indonesia Express yang diberi kode CTI dan Indonesia Thailand Express yang diberi kode ITS.

Sumber: viva

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *