Mengungkap Sikap Jokowi Dari Seribu Rasa

Sikap Jokowi Dari Seribu Rasa
Prabowo dan Jokowi di restoran Seribu Rasa. Instagram/Prabowo
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idDua hari menjelang debat calon presiden yang digelar pada Minggu, 7 Januari 2024, foto dinner Presiden Joko Widodo alias Jokowi beredar di media sosial. Foto tersebut menampilkan pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto, salah satu calon presiden 2024, Di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat

Pertemuan Jokowi dan Prabowo itu mengundang banyak pertanyaan. Apakah Jokowi akan netral atau berpihak kepada salah satu calon. “Bapak sepertinya memberikan dukungan bukan hanya tentang pemilihan presiden, tapi juga tugas kelembagaan kepada Kementerian Pertahanan,” kata Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Utje Gustaaf Patty soal pertemuan itu, saat dihubungi pada Sabtu malam, 6 Januari 2024.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia mengatakan pertemuan Jokowi dan Prabowo itu hanya makan malam biasa. Namun muncul banyak pendapat tentang pertemuan itu. Ihwal pertemuan empat mata di restoran itu mencerminkan dukungan Jokowi kepada Prabowo, Utje tak menampiknya. “Bisa juga (memberikan dukungan kepada Prabowo) seperti itu,” tutur Utje.

Di Pilpres 2024 ini, Prabowo berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi. Pasangan Prabowo-Gibran ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum dengan nomor urut 2 di Pemilu 2024. Rival pasangan ini adalah yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Setelah dinamika pencalonan Gibran bergulir, terutama soal putusan Mahkamah Konstitusi tentang usia minimal capres-cawapres, saat itulah netralitas Presiden Jokowi terus menjadi pertanyaan.

Netralitas Jokowi semakin diragukan saat hendak makan malam bersama Prabowo, capres yang berpasangan dengan anaknya. Melalui jamuan makan malam tersebut, diduga kuat keberpihakan Jokowi mengalir kepada Prabowo semakin terang. Dalam jamuan itu pula, Utje mengatakan keberpihakan Jokowi tergantung penafsiran.

Menurut dia, kalau pertemuan itu ditafsirkan sekadar makan malam biasa, maka tidak ada unsur politik dalam pertemuan itu. “Kalau kita menafsirkan itu makan yang politis, jadi politis,” ucap dia. “Karena ini tahun politik, makanya ditafsirkan seperti itu.”

Namun Utje, yang mengaku dekat dan mengenal mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menyatakan Jokowi tidak perlu memainkan isyarat. Jokowi sudah memiliki pilihan terhadap siapa yang akan didukung di Pilpres 2024. “Karena kami sudah tahu ke mana arah dukungan beliau,” kata dia. Artinya dukungan itu ke Prabowo? Utje menjawab, “Ya, kalau saya meyakini itu.”

Harap Cemas Jokowi Netral

Dua foto pertemuan Jokowi dan Prabowo kembali diunggah di media sosial dengan keterangan “Selamat Berakhir Pekan”. Unggahan itu dimuat di akun Instagram @Prabowo. Foto itu tampak diambil dari jarak sepuluh meter, tepat di belakang Prabowo. Kini, unggahan Prabowo itu meraup tanggapan suka lebih dari satu juta orang dan dikomentari lebih dari 23 ribu komentar.

Jokowi terlihat mengenakan celana panjang hitam dan kemeja putih lengan panjang, tampak tersenyum di depan Prabowo. Menteri Pertahanan ini mengenakan batik bermotif cokelat, duduk menghadap Jokowi. Tak ada yang tahu isi percakapan dua orang ini. Durasi pertemuan itu berjalan selama satu jam, dimulai pukul 19.00 sampai 20.05 WIB.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, mengatakan Jokowi dan Prabowo bertemu untuk menyantap makanan Nusantara. “Presiden rileks sejenak mencoba masakan Nusantara. Presiden didampingi Menhan Prabowo Subianto,” kata Ari kepada Tempo. Namun Ari tak tahu persis isi obrolan keduanya. “Masakan Nusantara di rumah itu enak.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *