Berbeda dengan Food Estate, Anies Baswedan: Jagung di Gorontalo Tumbuh Subur Tanpa Perlu Polybag!

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan bahas tanaman jagung di Provinsi Gorontalo yang tak tumbuh di atas polybag.

“Di sini memang saya lihat dan saya dengar jagungnya bisa tumbuh langsung tidak pakai polybag,” kata Anies Baswedan pada wartawan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Anies Baswedan, suburnya pertumbuhan jagung tersebut menunjukkan tanah di Gorontalo sesuai untuk bercocok tanam.

“Itu menunjukkan bahwa, ya tanahnya memang cocok untuk jagung,” seru Anies Baswedan.

Pernyataan dari Anies Baswedan itu berbanding terbalik dengan pohon jagung yang ditanam di lahan proyek food estate di Kalimantan.

Sebagaimana diketahui, menurut Greenpeace Indonesia terdapat fakta, pohon jagung ditanam di lahan proyek food estate di Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggunakan pot atau polybag.

Namun di sisi lain, Anies Baswedan apresiasi anak muda di Gorontalo yang peduli dengan sektor pertanian di Indonesia.

“Di Gorontalo ini anak-anak muda menyaksikan potensi yang besar di sektor pertanian, di sisi lain mereka melihat sektor pertanian ini masih belum memberikan kesejahteraan yang seimbang,”

“jadi anak-anak mudanya ingin bekerja di sektor pertanian, tapi sektor pertaniannya tidak memberikan kesejahteraan,” kata Anies pada wartawan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Hal itu disebut Anies Baswedan buat aspirasi kaum muda itu sangat kuat guna perbaiki tata niaga pertanian khususnya di Gorontalo.

“Kami melihat Gorontalo ini sebagai tempat yang sesungguhnya menjadi percontohan, karena di sini jagung tumbuh dengan baik, kokoa tumbuh dengan baik, tanahnya subur, ekosistemnya sehat.”

“Jadi dengan begitu harapannya Gorontalo menjadi satu dari 40 kota di Indonesia yang kita upgrade,” ucapnya Anies Baswedan.

“Kita ingin Indonesia itu merata dan tiap wilayah diberi porsi pembangunan sesuai dengan potensinya, sesuai dengan kebutuhannya, dengan begitu maka bisa berkelanjutan,” lanjut Anies Baswedan.

 

Sepakat Soal Peningkatan Pendidikan Agromaritim

Anies Rasyid Baswedan mendapat saran, Gorontalo harus menjadi wilayah pendidikan agromaritim, dan sebuah pelopor di Indonesia.

Menjawab saran itu, Anies Baswedan mengaku setuju dengan pernyataan tersebut.

“Ini idenya bagus sekali. Jadi dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan di bidang agromaritim di Indonesia ini kepualauan ada satu aspek kegiatan pertanian,”

“Satu aspek perikanan, dua-duanya itu sama-sama di kepulauan dan perlu pendidikan,” kata Anies Baswedan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Senada dengan saran itu, Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menilai ilmu pengetahuan di bidang tersebut sangat diperlukan agar peningkatan nilai tambah di bidang tersebut bisa terjadi.

“Kalau kita hanya meneruskan apa yang sudah dikerjakan oleh generasi-generasi sebelumnya, baik-baik saja. Tapi banyak proses yang bisa dikerjakan lebih efisien, bisa lebih efektif dan harapannya nanti nilai tambah itu lebih besar lagi,” tutur Anies Baswedan.

“Nilai tambah itu ketika kita memproduksi misalnya jagung dan sebatas jagung saja dan tidak ditingkatkan menjadi hasil olahan maka pendapatan yang diterima ya sebatas timbangan jagungnya. Tapi jika sudah bisa diolah akan mendapatkan pendapatan lebih tinggi lagi,” lanjutnya.

Anies Baswedan lantas melanjutkan ke cara pengolahannya, ketika menanam jagung dengan cara tradisional jika dibanding dengan ilmu yang terbaru bisa lebih cepat proses penanaman, panen dengan memanfaatkan teknologi.

“Dan itu yang membutuhkan ilmu. Jadi terima kasih, idenya bagus sekali. Mudah-mudahan nanti Gorontalo menjadi agropolitan yang punya sekolah agro culture,” pungkasnya.

 

Ingin Petani di Gorontalo Bisa Menabung

Anies Baswedan berkomitmen akan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup para petani.

“Kita ingin agar para petani di Gorontalo bisa menjadi petani yang mampu menabung,” katanya Anies Baswedan di Asmara Garden, Gorontalo, Senin, (8/1/2024).

Menurutnya, indikator sederhana untuk mengukur kesejahteraan petani yakni apabila para petani sudah bisa menabung dari hasil bertani.

Dia pun menegaskan akan memperbaiki tata niaga pertanian supaya para petani lebih sejahtera dan merasakan manfaat dari hasil tani yang mereka olah.

“Selama petani belum bisa menabung berarti petaninya belum sejahtera, apalagi petaninya tekor. Terjebak utang a b c d ketika panen hasilnya dipakai untuk membayar utang. Itulah yang terjadi di mana-mana,” ucapnya.

“Jadi kami ingin melakukan perubahan itu, tata niaga ingin kita seriusi dan harapannya nanti dari Gorontalo kita bisa punya contoh sebuah kawasan pertanian yang memiliki produktivitas yang tinggi, kesejahteraan petani yang tinggi, anak muda yang mau jadi petani, sekolah pertanian yang maju, ekosistem kota pertanian menopang, dan Gorontalo bisa menjadi contoh untuk Indonesia,” jelasnya.

Solusi Menekan Impor Beras

Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan menjawab keluhan petani soal pemerintah mendatangkan impor beras saat memasuki panen raya.

“Ketika panen lalu muncul impor, harga jatuh lalu petani justru mengalami kerugian. Ini yang Insyaallah akan kami kendalikan sama-sama.”

“Kami ingin para petani itu memiliki kepastian harga itu sebabnya contract farming menyelamatkan,” kata Anies Baswedan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Menurut Anies Baswedan, dengan adanya contract farming, petani sudah memiliki rasa aman karena ada kontrak atas hasil produksi para petani.

“Kami melihat, ketidakpastian itu sistemik artinya bukan sesuatu yang disebabkan oleh pribadi-pribadi tapi keseluruhan tata niaganya menimbulkan ketidakpastian,” seru Anies Baswedan.

“Dengan adanya kerjasama kontrak pembelian hasil panen, Insyaallah itu akan membuat rasa tenang,” tambahnya.

 

Krisis Petani Muda

Anies Rasyid Baswedan berkomentar terkait krisis petani berusia muda di Indonesia.

“Sebetulnya salah satu sektor yang terus dibutuhkan selama masih ada umat manusia itu namanya pangan. Sektor itu potensinya luar biasa,” ujar Anies Baswedan dalam acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2023).

Anies Baswedan mengakui, dalam sektor tersebut ada hulu dan hilir dan banyak anak muda masuk ke bagian hilir tapi tidak di hulu.

“Restoran, Kafe itu hilir paling ujung. Tapi di hulu masih belum. Kenapa? Karena di hilir sudah terbukti menguntungkan, sudah terbukti bisa hidup, bisa sejahtera karena itu di hilir tumbuh. Tapi di hulu belum,” tukas Anies Baswedan.

“Itu sebabnya tata niaganya perlu diperbaiki oleh negara. Kalau negara tidak memperbaiki tata niaga ya tidak akan ada anak muda yang masuk ke sektor hulu pertanian.”

“Di situ sesungguhnya kunci utamanya dan itu yang kami rencanakan perbaiki agar anak-anak muda nanti melihat hulu sektor pertanian sebagai kesempatan untuk berusaha dan bisnis,” tutupnya.

 

Pola Contract Farming

Anies Rasyid Baswedan menilai program Contract Farming yang diusungnya lebih baik dibanding Food Estate.

“Contract farming itu kontak pembelian hasil panen. Kita di Jakarta membuat sebuah kerjasama dengan kelompok-kelompok tani agar produk pertanian mereka dibeli dan selama 5 tahun dan disepakati harganya,” kata Anies Baswedan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Kata Anies Baswedan, keunggulan Contract Farming ini juga ada untuk plafon bawah dan atas sehingga memiliki kepastian untuk petani dan pembeli.

“Pola seperti ini yang akan kita lakukan, bukan dengan food estate yang dalam kenyataannya membuka lahan baru, punya dampak lingkungan sementara bibit yang ditanam tidak bisa tumbuh, uang negara dialokasikan dan tidak kembali dengan optimal,” tutur Anies Baswedan.

“Jadi kami percaya dengan pola contract farming ini Insya Allah bisa dilakukan di Gorontalo sehingga petani di sini memiliki rasa tenang atas produk pertaniannya,” tambah Anies Baswedan.

Anies Baswedan juga turut menjelaskan mengenai kebijakan untuk Kartu Tani.

“Ketika bertemu dengan petani di manapun, masalahnya di mana-mana adalah pupuk. Bagi kami, ini sesuatu yang aneh. Kenapa?”

“Jumlah lahan yang perlu pupuk itu jelas, bertahun-tahun itu tidak berubah,” kata Anies Baswedan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Menurutnya, jumah produksi semua komoditas juga seharusnya jelas serta pasarnya yang jelas, rumah tangga itu membutuhkan.

“Sesuatu yang seharusnya memiliki pasokan yang stabil dan di sinilah kami melihat perlu ada regulasi yang lebih sederhana. Termasuk kartu tani itu dari yang disampai para petani malah merepotkan,” tukasnya.

“Karena itu kami akan tidak menggunakan kartu tani lagi. Kami buat sederhana, petani butuh pupuk tinggal datang ke tempat kita akan siapkan lewat koperasi, warung dan bisa diambil sesuai kebutuhannya serta kapan saja,” pungkasnya.

 

Menuju Indonesia Lebih Baik

Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini mengungkapkan alasan memilih Gorontalo sebagai tempat kampanyenya.

Padahal, kata Anies Baswedan Gorontalo merupakan salah satu wilayah dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak terlalu banyak untuk Pemilu 2024 yakni hanya 881.206 pemilih.

“Ketika datang dan bertemu dengan rakyat Indonesia maka itu bukan soal jumlah tapi soal bagaimana kita berjuang bersama untuk Indonesia lebih baik,” kata Anies Baswedan dalam acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin, (8/1/2024).

Anies menyebut, Provinsi Gorontalo ialah salah satu provinsi yang didatangi secara khusus untuk menyerap aspriasi dari masyarakat.

Anies menilai, Gorontalo memiliki potensi yang besar dalam sektor pertanian.

“Gorontalo punya potensi yang sangat besar, kita tahu ada jagung, coklat, kelapa dan singkong. Singkongnya di sini berhasil tidak perlu pakai Food Estate di sini petani-petani menanam singkong dan berhasil,” ujarnya.

Dia menuturkan, anggaran pertanian akan lebih optimal jika dialokasikan pada kebutuhan petani dibanding membangun Food Estate yang dikelola oleh Kementrian Pertahanan untuk menjaga ketahanan pangan.

“Ini contoh ketika alokasi anggaran diberikan untuk petani melalui pupuknya melalui dukungan-dukungan yang lain itu jauh lebih optimal daripada kita membangun sebuah Food Estate,”

“Gorontalo kami datang, kami berharap bisa membawa pesan dari Gorontalo untuk seluruh Indonesia. Tidak perlu Food Estate tapi biarkan para petani didukung dan mereka akan bisa berproduksi yang baik untuk kebutuhan kita,” pungkasnya.

 

Perkenalkan Buku Panduan Pembangunan 40 Kota di Indonesia

Anies Baswedan memperkenalkan sebuah buku panduan pembangunan 40 Kota di Indonesia, yang menjadi gagasannya.

Hal itu ditunjukkan kala Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menghadiri acara Desak Anies dalam kampanyenya di Provinsi Gorontalo.

“Ini sudah ada bukunya, pembangunan 40 Kota di seluruh Indonesia. Ini 40 Kota adalah rencana mengupgrade kota-kota di seluruh Indonesia,” ujar Anies Baswedan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Lebih lanjut, Anies Baswedan menyebut tidak ingin melakukan pembangunan yang nantinya akan menimbulkan sebuah ketimpangan.

“Karena itu kita memilih bukan membangun satu tempat besar-besaran tapi lebih dari 40 tempat secara serius, ditingkatkan sebagai Kota yang lebih maju, Kota yang berkembang.”

“Inilah konsep pembangunan 40 kota di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Gorontalo,” tandas Anies Baswedan.

Diberitakan, Anies menyampaikan program-programnya yang ingin dijalankan di Gorontalo, Sulawesi Utara, terpilih sebagai Presiden RI.

“Gorontalo ini memiliki potensi pertanian, artinya ada kekuatan alam yang baik yang bila dimanfaatkan dia akan memberi manfaat”

“Yang kedua, adalah kemampuan dari penduduknya untuk mengolah pertaniannya,” kata Anies Baswedan dalam acara Desak Anies di Asmara Garden Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Lebih lanjut, Anies Baswedan mengatakan bahwa yang diperlukan adalah menumbuhkan kota di Gorontalonya.

“Bagaimana di Gorontalo, khususnya Kota Gorontalo tumbuh besar menjadi kota Agropolitan. Sebuah kota di mana disiapkan infrastrukturnya untuk bisa menopang kegiatan pertanian,” tukasnya.

“Yang kedua, meningkatkan nilai tambah atas produk pertanian. Jadi di satu sisi, produk pertanian ini memerlukan pasokan dan kota menjadi penyedia jasanya,” lanjutnya.

Lebih lanjut Anies menuturkan bahwa jika hasil pertanian itu berhasil dipanen perlunya manufaktur-manufaktur untuk meningkatkan nilai tambah hasil panen tersebut.

“Sehingga bukan hanya menjual komoditas mentah, tapi juga menjual komoditas yang mempunyai nilai tambah, itulah konsepnya,” pungkasnya.

 

Pakai Kaos Kutipan BJ Habibie

Penampilan Anies kali ini mencuri perhatian.

Ini lantaran kaos yang dipakai terdapat kutipan bijak dari Presiden Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie.

Kutipan tersebut berbunyi ‘Tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya, tanpa kecerdasan cinta itu tidak cukup’.

Anies menyebut, cinta dan kecerdasaan adalah sebuah kombinasi yang dahsyat.

“Jadi cerdas dan cinta itu kombinasi yang dahsyat untuk kita punya ikatan yang baik. Ini kutipan dari B.J. Habibie,” kata Anies.

Gubenur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menuturkan, kaus hitam yang digunakannya itu adalah karya dari Chiki Fawzi putri kedua dari pasangan Ikang Fawzi dan Mairssa Haque.

“Ini bikinan dari Chiki namanya, Chiki itu memproduksi jaket, rompi, kaus, dengan pesan-pesan seperti ini,” tutupnya.

Adapun jadwal Anies di Gorontalo dimulai dengan berziarah ke makam pahlawan Nani Wartabone yang berada di Kabupaten Bone Bolango pada pukul 11.30-12.00 WITA.

Setelah berziarah, Anies akan kembali berinteraksi sembari menyerap aspirasi rakyat sekitar dengan menghadiri acara Desak Anies Gorontalo edisi petani yang berlokasi di Asmara Garden.

Terakhir, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu akan menutup giat kampanye dengan bertemu para tokoh dan simpatisan di gedung Sumber Ria mulai pukul 14.30-16.00 WITA.

 

Kapten Timnas AMIN Beri Nilai 100 ke Anies

Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi Alaydrus mengapresiasi penampilan capres nomor urut 1, Anie Baswedan di debat capres yang digelar di Istora Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2024) malam.

Dia memberikan nilai 100 ke mantan Gubernur DKI Jakarta itu pada debat Pilpres ketiga.

Syaugi menyebut Anies menguasai tema meski bukan dari kalangan militer.

“Walaupun bukan seorang militer, tapi mampu menterjemahkan apa itu persoalan keamanan, baik itu hubungan internasional maupun diplomasi ya, geopolitik, semua Pak Anies menguasai,” ujar Syaugi dikutip, Senin (8/1/2024).

Syaugi menyebut jawaban yang disampaikan Anies detail dan cerdas.

Ia mengatakan begitulah sosok Anies sebagai seorang pemimpin.

“Bisa kita lihat dari jawaban-jawaban beliau sangat cerdas, teliti. Itulah gaya kepemimpinan Pak Anies, jadi beliau selalu mengungkapkan data dan fakta nggak ada yang nggak, nggak pake data itu tadi,” jelas Syaugi.

“Semuanya ada datanya sehingga itulah yang disampaikan kepada Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan saat ini,” jelas dia.

Ia pun mengaku senang dengan hasil debat Pilpres ketiga. Syaugi memberi nilai 100 atas penampilan suami Fery Farhati itu.

“Kalau saya nilainya 100 itu. 100 itu menurut saya (penampilan Anies). Semua menguasai kok,” imbuhnya.

Sebagai informasi, KPU menggelar debat ketiga yang diikuti oleh capres Minggu malam. Tema yang diusung didebat ketiga ialah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *