Inilah Manfaat Melewatkan Makan Malam, dr. Zaidul Akbar : MasyaAllah Efeknya Luar Biasa

Manfaat Melewatkan Makan Malam
dr. Zaidul Akbar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idPakar kesehatan sekaligus pendakwah dr. Zaidul Akbar tidak menganjurkan makan malam untuk menjaga kesehatan.

dr. Zaidul Akbar dalam kajian dakwahnya yang dimuat di saluran YouTube dr Zaidul Akbar Official.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut dr. Zaidul Akbar, melewatkan makan malam merupakan salah satu rahasia jika ingin menjaga kesehatan tubuh.

Selain menjaga kesehatan, tidak makan juga merupakan salah satu kebiasaan Nabi saw. Ketika Nabi SAW tidak membutuhkan apa-apa lagi, beliau langsung tidur setelah tidur dan tidak makan lagi.

“Satu resep kalau badannya mau sehat yaitu jangan makan malam. Kalau gak makan, langsung tidur kayak Nabi habis Isya langsung tidur secara umum kecuali ada keperluan atau masalah umat yang lain,” kata dr Zaidul Akbar dikutip Serambinews.com, Rabu (10/1/2023).

Jika anda ingin tetap makan malam, sebagai opsional maka sebaiknya makan malam dua jam sebelum anda tidur.

“Kalaupun malam anda pengen tetap makan, kalau bisa dua jam sebelum anda tidur

itu waktu terakhirnya, jadi misalkan anda rencana tidur jam sembilan, maka jam tujuh terakhir makan,” lanjutnya.

Lebih bagus lagi, disarankan dr Zaidul Akbar, jika matahari sudah terbenam, kalau bisa jangan ada makanan lagi yang masuk ke tubuh, cukup minum saja jauh lebih bagus.

Bukan tanpa alasan, ini bertujuan agar pada malam hari tubuh tidak terbebani lagi oleh makanan, sehingga tubuh bisa dengan optimal mendetoks sisa makanan sebelumnya.

“Sehingga pada malam kita tubuh kita tidak ada lagi beban makanan, itu masyaallah efeknya luar biasa. Karena tidak ada lagi beban makanan dalam tubuh kita yang masuk, yang terjadi kemudian berikutnya tubuh jadi sibuk mendetoks dan mendaur ulang, rycle daripada mengurusin makanan yang masuk,” timpalnya.

dr Zaidul Akbar mengatakan, dalam Al-Qur’an sendiri sudah dijelaskan bahwa waktu malam hari adalah waktu untuk istirahat. Ini tertera dalam Surah An-Naba ayat 9 yang artinya “dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat”

Maka dr Zaidul Akbar menganjurkan agar kita mengaplikasikan makna dari ayat tersebut dimana waktu malam untuk beristirahat bukan lagi untuk makan malam sehingga mendapatkan manfaat optimal untuk mendukung kesehatan tubuh.

“Malam itu sebagai istirahat, jangan bebani tubuh dengan makan malam,” tegasnya.

Terakhir, dr Zaidul Akbar juga memberikan perbandingan makan siang dengan porsi kalori yang sama namun nasibnya ke dalam tubuh berbeda jika dikonsumsi pada malam hari.

“Ilmunya begini, ketika anda makan satu piring, ada nasi, lauk segala macam, katakanlah kalorinya 600 kalori terus kita makan siang hari, terus makan itu juga di malam hari dengan kalori yang sama tapi nasipnya ke dalam tubuh beda,”

Yang akan dijadikan sel atau nutrisi secara sempurna, itu jauh lebih banyak yang dimakan

yang waktu siang dengan kalori yang sama dibandingkan kalau makannya malam,” pungkasnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *