Kebijakan Baru Taspen, Pensiunan Tidak Perlu Lakukan Otentikasi untuk Pencairan Gaji Bulan Februari

KPK Menyelidiki PT Taspen Atas Dugaan Korupsi
PT Taspen
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Kini Taspen telah membuat kebijakan, terkait pencairan gaji pensiunan PNS. Adapun kebijakan tersebut yakni untuk bisa mencairkan gaji bulanan, Pensiunan PNS harus terlebih dulu melakukan otentikasi.

Tak hanya itu otentikasi tersebut bersifat wajib karena pada proses ini bisa memastikan bahwa gaji Pensiunan PNS masih diterima oleh yang bersangkutan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Otentikasi dilakukan dengan melakukan verifikasi wajah pensiunan PNS yang bersangkutan lalu gaji bulanan dari Taspen akan cair ke rekening.

Namun demikian terdapat 3 kategori pengecualian pensiunan PNS yang tidak perlu melakukan otentikasi untuk mencairkan gaji bulan Februari 2024.

Adapun aturan tersebut juga bagian dari ini kebijakan yang telah ditetapkan oleh Taspen terhadap Pensiunan PNS tertentu.

Otentikasi sebenarnya mudah dilakukan, dimana pensiunan PNS bisa datang ke kantor Taspen dengan membawa KTP, KARIP, dan buku tabungan.

Proses otentikasi juga semakin mudah dengan cara menginstal aplikasi Taspen Otentikasi dengan memanfaatkan aplikasi ini, pensiunan bisa melakukan otentikasi melalui ponsel di manapun berada.

Namun ada saja permasalahan yang menjadi penghalang kelancaran proses otentikasi yang tidak dapat diprediksi.

Oleh karena itu Taspen memberikan pengecualian untuk 3 jenis Pensiunan PNS yang tidak wajib otentikasi di bulan Februari 2024 nanti.

Adapun yang pertama, Pensiunan PNS yang mengalami sakit, uzur, atau lanjut usia. Untuk pensiunan PNS kategori ini pihak Taspen menyarankan untuk mengurus Surat Perlakuan Khusus.

Apabila peserta pensiun sudah uzur/sakit/lanjut usia, silakan ahli waris/anak kandung dapat memintakan surat perlakuan khusus ke mitra bayar/bank terdaftar

Dengan melengkapi persyaratan yaitu KTP, KARIP, buku tabungan, dan foto/video kondisi peserta saat ini, agar peserta pensiun tidak perlu melakukan otentikasi untuk pengambilan pensiunnya.

Kemudian yang kedua, yakni Pensiunan PNS yang diberikan waktu otentikasi 2 bulan sekali, dan telah melakukan otentikasi di bulan Januari 2024.

Adapun untuk otentikasi dilakukan secara 2 bulan sekali bagi penerima pensiun sendiri/yatim/janda yang tidak memiliki ahli waris lain.

Selanjutnya yang Ketiga, adalah Pensiunan PNS yang diberikan waktu otentikasi 3 bulan sekali oleh Taspen, dan telah melakukan otentikasi di bulan Januari 2024 atau Desember 2023.

Pada kategori ini, otentikasi dilakukan secara 3 bulan sekali bagi penerima pensiun yang masih memiliki ahli waris (anak/pasangan).

Kemudian, bagaimana cara untuk melakukan otentikasi Taspen untuk pensiunan PNS?

Berikut tata cara otentikasi Taspen pensiunan PNS lewat ponsel berdasarkan akun Instagram @taspen:

1. Silahkan download aplikasi “Taspen Otentikasi” di Playstore atau Appstore
2. Lalu buka aplikasi tersebut, dan masukkan nomor Taspen (notas)
3. Tekan tombol “Otentikasi”

Kemudian ikuti langkah otentikasi wajah yang muncul. Beberapa instruksi wajah yang muncul adalah sebagai berikut :

– Kedipkan mata
– Ucapkan huruf A
– Anggukkan kepala pelan-pelan
– Gelengkan kepala pelan-pelan
– Selanjutnya akan muncul status otentikasi apakah “Berhasil” atau “Gagal”
– Setelah otentikasi berhasil, maka gaji pensiunan akan masuk ke rekening pensiunan.

Tak hanya itu, ada beberapa ketentuan otentikasi Taspen yang perlu diperhatikan.

Yang pertama, sebelum menggunakan aplikasi, pastikan anda telah merekam data biometric/enrollment di kantor Taspen atau mitra bayar Taspen.

Kemudian untuk pensiunan yang sakit atau uzur maka tidak diwajibkan untuk enrollment, dan bisa lapor ke kantor Taspen atau mitra bayar.

Apabila otentikasi pensiunan gagal, pensiunan bisa menghubungi kantor Taspen atau mitra bayar dengan membawa Karip, KTP, dan Buku Tabungan.

Kemudian saat otentikasi, pastikan bahwa aplikasi yang dipakai merupakan aplikasi otentikasi versi terbaru.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *