Muhammadiyah-NU Bersatu di Pilpres 2024?

Muhammadiyah-NU Bersatu
Muhammadiyah-NU
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pemecatan KH Marzuki mencerminkan adanya kerisauan di internal PBNU, karena manuver KH Marzuki yang makin transparan dalam mendukung Amin. Tetapi, pemecatan ini tidak akan meredam Kiai Marzuki dari gerakannya mengampanyekan Imin. Sebaliknya, pasca-pemecatan Kiai Marzuki malah makin bebas dan terbuka mengampanyekan Imin.

Jawa Timur secara tradisional adalah stronghold NU sejak lama. Gonjang-ganjing di tubuh NU Jatim mencerminkan gonjang-ganjing yang lebih besar di level nasional. PBNU kemudian menunjuk K.H Abdul Hakim Machfud alias Gus Kikin sebagai ketua PWNU Jatim yang baru. Selama ini Gus Kikin mempunyai hubungan yang lebih dekat dengan pasangan Amin ketimbang lainnya. Meski demikian Gus Kikin diperkirakan bisa lebih menahan diri untuk tidak berkampanye untuk paslon tertentu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jawa Timur akan menjadi medan pertempuran yang diperebutkan oleh tiga paslon. Banyak yang meyakini bahwa Jatim menjadi barometer nasional. Siapa yang bisa memenangkan Jatim akan memenangkan kontestasi nasional.

Secara tradisional Jawa Timur disebut sebagai kandang banteng. Kendati demikian, dalam kontestasi pemilihan gubernur sejak era reformasi PDIP tidak pernah menang sama sekali. Dalam dua kontestasi pilpres sebelumnya Jokowi berhasil memenangkan Jatim. Sekarang ini pertempuran di Jatim akan semakin keras karena banyak nama besar yang terlibat.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara terbuka menyatakan dukungannya kepada Prabowo-Gibran. Hal ini akan menjadi amunisi penting bagi pasangan 02, terutama dalam menghadapi pasangan Amin yang mendapat dukungan dari PKB dan akar rumput Nahdliyyin. Pertempuran ini merupakan persaingan terbuka antara Muhaimin Iskandar vs Khofifah Indar Parawansa yang sudah terlibat perang dingin sejak lama.

Sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU Khofifah pasti akan memakai jaringan Muslimat untuk menyokong Prabowo-Gibran. Tetapi, Imin akan memberi perlawanan sengit karena PKB mempunyai mesin politik yang kuat dan efektif di Jatim.

Pasangan Amin juga mendapat keuntungan dari dukungan warga Muhammadiyah. Meskipun tidak mendukung secara terbuka, tetapi kecondongan warga Muhammadiyah kepada Amin sudah semakin nyata. ‘’Koalisi’’ NU-Muhammadiyah ini akan melahirkan kekuatan politik signifikan untuk menghadapi mesin politik Khofifah.

Dalam beberapa kesempatan kolaborasi NU-Muhammadiyah semakin menguat. Acara pelatihan saksi pilpres Garda Matahari dilaksanakan di kantor PKB Jawa Timur beberapa waktu yang lalu. Di bawah lukisan para pendiri NU, ratusan aktivis Muhammadiyah menyanyikan lagu ‘’Sang Surya’’ dan kemudian disusul dengan menyanyikan lagu ‘Yalal Wathon.

Setelah selesai dua lagu itu, peserta pelatihan berkali-kali meneriakkan slogan ‘’NU-Muhammadiyah Bersatu Tak Bisa Dikalahkan’’. Akankah slogan itu terbukti? Kita tunggu. (*)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *