SKANDAL Korupsi! KPK Pastikan Usut Dugaan Aliran Suap Rp 3,4 T ke Pejabat di Indonesia

KPK Pastikan Usut Dugaan Aliran Suap Rp 3.4 T
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pembayaran SAP termasuk denda pidana 118,8 juta Dolar atau setara dengan Rp. 1,8 triliun dan penyitaan 103,4 juta dolar atau sekitar Rp 1,6 triliun, jelas Departemen Kehakiman.

Dalam sebuah pernyataan, SAP mengatakan pihaknya menyambut baik penyelesaian tersebut, dan penyelesaian terkait dengan Otoritas Penuntutan Nasional Afrika Selatan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perusahaan yang berbasis di Walldorf, Jerman itu mengatakan, pihaknya berpisah dari semua pihak yang bertanggung jawab, lebih dari lima tahun yang lalu, dan perjanjian tersebut mengakhiri semua penyelidikan terkait kepatuhan di Amerika Serikat dan Afrika Selatan.

Pihak berwenang menyatakan dugaan skema suap berlangsung dari tahun 2013 hingga 2022, dan melibatkan pemalsuan pembukuan dan catatan SAP sehingga suap tersebut tampak sebagai pengeluaran bisnis yang sah.

Dalam satu kasus, SAP Afrika Selatan membayar biaya perjalanan pejabat pemerintah ke New York pada tahun 2015, termasuk makan dan bermain golf, untuk memenangkan kontrak senilai 13,2 juta Dolar atau sekitar Rp 202 juta dengan kota Johannesburg.

Contoh lainnya adalah account executive SAP Indonesia yang diduga mengirim pesan kepada perantara, “Ini pemerintah kawan, untuk menangkap ikan besar kita perlu menggunakan umpan yang besar.”

Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengatakan, SAP menerima pujian karena meningkatkan langkah-langkah kepatuhan dan pengendalian internal, merombak struktur komisinya, dan bekerja sama dalam penyelidikannya. (*)

Sumber: batampos

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *