8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Jantung Awet Muda

Kebiasaan Ini Bisa Bikin Jantung Awet Muda
ilustrasi: kesehatan jantung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Prioritaskan tidur

Kebiasaan penting sehari-hari lainnya yang akan menjaga kesehatan jantung adalah mengutamakan kualitas tidur yang baik. Anda dapat melakukannya dengan menjaga waktu tidur yang teratur, membuat kamar tidur Anda sejuk, gelap, tenang, dan kondusif untuk tidur, mematikan perangkat elektronik setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, dan membatasi kafein sepanjang hari.

“Insomnia dan gangguan tidur lainnya seperti apnea tidur obstruktif dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jantung melalui berbagai mekanisme seperti peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik, disregulasi aktivitas sistem saraf otonom, dan peningkatan peradangan sistemik,” jelas Chen.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Jaga kesehatan gigi Anda

Menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, dan menggunakan obat kumur juga merupakan kebiasaan sehari-hari yang penting untuk menjaga jantung Anda tetap muda dan sehat, kata Chen.

“Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Ada hubungan kuat antara penyakit gusi (penyakit periodontal) dan kondisi jantung seperti aterosklerosis dan penyakit katup jantung,” ujarnya.

Ahli jantung menjelaskan bahwa bakteri penyebab penyakit gusi dapat bermigrasi ke aliran darah dan meningkatkan tingkat peradangan seluruh tubuh—termasuk di arteri koroner. “Hal ini dapat menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke,” dia memperingatkan.

  1. Berolahraga secara teratur

Selanjutnya, Tang mengatakan Anda sebaiknya melakukan latihan kardiovaskular selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu untuk menjaga jantung Anda tetap muda dan sehat. Ini dapat mencakup aktivitas aerobik apa pun yang meningkatkan detak jantung Anda, seperti jogging, bersepeda, atau berenang.

“Ini akan membantu meningkatkan kapasitas jantung Anda, mengurangi stres, dan menurunkan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dini penyakit jantung,” katanya.

American Heart Association dan American College of Sports Medicine menambahkan bahwa Anda dapat meningkatkan manfaatnya dengan juga mengintegrasikan pelatihan ketahanan seperti angkat beban sedang ke dalam rutinitas Anda.

  1. Merangkul teknologi

Terakhir, Tang merekomendasikan untuk menjadikan jam tangan pintar atau pelacak kebugaran sebagai bagian dari rencana kesehatan jantung harian Anda.

“Jam tangan pintar dapat membantu memantau detak jantung dan ritme, pola tidur, dan tingkat aktivitas harian Anda,” jelasnya. “Mereka memiliki alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran, menjadwalkan pengobatan, dan membantu memfasilitasi meditasi atau latihan pernapasan. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan dan memandu Anda menuju gaya hidup sehat jantung.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *