5 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Bisa Membuat Anda Berumur Panjang

Manfaat Makanan Pedas
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Melawan Sel Kanker

Kekuatan capsaicin ternyata masih belum selesai. Melansir dari Healthline, capsaicin terbukti mampu memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Selain itu, sebuah studi UCLA menemukan bahwa capsaicin bisa menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus dan tidak melukai sel-sel sehat.

  1. Membunuh Bakteri

Jintan dan kunyit telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Ini berarti mereka dapat digunakan melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meskipun memiliki manfaat bagi tubuh, pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan guna menghindari risiko penyakit yang berpotensi muncul.

Dampak Negatif Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Pedas

Melansir dari Everyday Health, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak jangka panjang dari sering mengonsumsi makanan pedas, terdapat bukti bahwa mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat meningkatkan sejumlah risiko kesehatan.

Makanan yang sangat pedas dapat menyebabkan sakit perut, diare, nyeri dada, sakit kepala, hingga muntah-muntah. Capsaicin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh ternyata juga menjadi “biang kerok” dari efek negatif akibat terlalu banyak makan pedas.

“Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, capsaicin dapat merusak saluran pencernaan karena diserap lebih efisien di lambung dan usus kecil bagian atas,” kata juru bicara American Gastroenterological Association, Dr. Fazia Mir.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Foods pada Maret 2022 menemukan bahwa capsaicin dosis tinggi dapat menghambat produksi asam lambung, menyebabkan peradangan lambung, dan menyebabkan perubahan struktural pada penghalang usus.

Berkaitan dengan hal tersebut, Crohn’s & Colitis Foundation mencantumkan makanan pedas sebagai makanan yang berpotensi memicu sindrom iritasi usus besar.

“Makanan pedas dapat memperburuk sindrom iritasi usus besar dan penyakit radang usus,” kata Dr. Mir.

Menurut Johns Hopkins Medicine, mengonsumsi saus pedas juga tidak baik untuk tenggorokan karena mampu meningkatkan risiko esofagitis atau radang kerongkongan parah. Selain itu, sejumlah penelitian juga menemukan bahwa capsaicin memicu gejala penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *