Pemilu RI Disorot Lembaga Riset Asing, Kenapa?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Lembaga riset asing menyoroti dunia perpolitikan di Indonesia. Kali ini yang dibahas adalah tantangan demokrasi Tanah Air menjelang pemilihan presiden (pilpres) pada 14 Februari mendatang.

Brookings, lembaga riset berbasis di Washington, Amerika Serikat (AS), memuat artikel berjudul “Indonesia’s election reveals its democratic challenges” yang dirilis 12 Januari lalu. Lembaga itu menyinyalir, ada kemunduran demokrasi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kejadian-kejadian baru-baru ini memusatkan perhatian pada landasan hukum dan konstitusi demokrasi Indonesia,” bunyi artikel yang dimuat penulis Thomas Pepinsky, peneliti politik Asia Timur.

Disebutkan bagaimana putusan MK misalnya sangat kontroversial. Tentang bagaimana Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi, memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden dari pasangan Prabowo.

Sebagai informasi, Gibran berusia 36 tahun. Sebelumnya menurut undang-undang pemilu tahun 2017 yang disahkan pada masa pemerintahan pertama Jokowi, usia minimum yang sah untuk calon presiden dan wakil presiden adalah 40 tahun.

Mereka menyebut putusan MK ini mengejutkan baik masyarakat Indonesia maupun pengamat asing. Meski mendapat protes namun pasangan Prabowo-Gibran tetap bersaing dalam pemilihan presiden 2024.

Faktanya, dalam jajak pendapat masyarakat jelang pemilu, pasangan Prabowo-Gibran telah mengungguli dua pasangan lainnya. Di mana dalam survei Prabowo-Gibran lebih tinggi dibanding Anies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ganjar Pranomo bersama Mahfud MD.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *