Tanda-Tanda Penyakit Jantung Bisa Dilihat di Kuku, Ini Menurut Dokter

Tanda-Tanda Penyakit Jantung
Tanda-Tanda Penyakit Jantung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBertolak belakang dengan takdir, tanda-tanda penyakit jantung justru bisa terlihat di kuku. Itu benar! Hal ini dibenarkan oleh dokter. Baca penjelasan dokter selengkapnya mengenai tanda-tanda penyakit jantung yang terlihat pada kuku.

Serangan jantung merupakan ancaman yang sungguh menakutkan. Serangan seringkali terjadi secara tiba-tiba, tanpa gejala yang terlihat. Faktanya, dokter mengatakan bahwa deteksi dini masalah jantung meningkatkan peluang pasien untuk bertahan hidup.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada beberapa tanda penyakit jantung yang sangat terlihat seperti dilansir detikHealth pada Sabtu (20/1/2024). Ini termasuk nyeri dada (angina), sesak napas, atau nyeri yang menjalar ke bahu dan punggung.

Tidak hanya, baru-baru ini dokter menyebutkan gejala itu juga bisa dilihat dari kuku seseorang. Lantas seperti apa bentuk gejala serangan jantung yang terlihat pada kuku itu?

Dokter James O’Donovan menjelaskan tanda penyakit jantung yang terlihat pada kuku bisa berupa adanya serpihan yang menyebabkan garis-garis kecil di bagian atas kuku serta munculnya bintik-bintik hitam di bawah kuku.

“Garis-garis kecil yang Anda lihat di bagian atas kuku dikenal sebagai pendarahan serpihan. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah kecil yang disebut kapiler di dasar kuku,” ungkapnya melalui video Tiktok, dikutip dari Express.

Menurutnya, ada banyak kemungkinan penyebab serpihan pada kuku, termasuk trauma pada dasar kuku dan kondisi sistemik seperti penyakit Raynaud. Lebih lanjut, dr O’Donavan juga menyinggung perihal endokarditis yang kerap kali menimbulkan gejala pada kuku.

“Endokarditis adalah infeksi langka dan berpotensi fatal pada lapisan dalam jantung (endokardium). Ini paling sering disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam darah dan berpindah ke jantung,” ungkap National Health Service (NHS).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *