Salah Paham, Gula Merah Tidak Lebih Sehat Dibandingkan Gula Putih, Berikut Penjelasannya

Gula Merah dan Gula Putih
Gula Merah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idManfaat gula merah bagi kesehatan memang sudah pasti diragukan. Tahukah Anda kalau gula merah merupakan pemanis alami populer yang terbuat dari tebu. Warna coklat disebabkan oleh adanya molase.

Manfaat gula merah bagi kesehatan erat kaitannya dengan kandungan molase yang dikandungnya. Gula merah ini sering digunakan dalam pembuatan kue dan kaya akan vitamin dan mineral.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Gula merah tersedia dalam bentuk olahan dan tidak dimurnikan. Manfaat gula merah bagi kesehatan antara lain meredakan kram menstruasi, mencegah sembelit, dan digunakan sebagai eksfolian kulit alami.

Tapi, apakah gula merah menyehatkan jika dilihat sebagai gula?

Artikel ini membahas pentingnya gula merah dan manfaat gula merah bagi kesehatan. Selain itu, kita juga akan membahas apakah gula merah lebih sehat dibandingkan gula putih.

Pengertian gula merah

Melansir Stylecraze, gula merah dibuat dengan memasukkan gula putih dengan molase — cairan berwarna coklat tua yang diperoleh dari gula mentah selama proses pemurnian. Rasanya seperti karamel dengan konsistensi lembut dan menggumpal.

Gula merah sering kali terasa basah saat disentuh karena kelembapan yang ada di dalam molase. Gula merah ini  memiliki banyak kegunaan kuliner dan umumnya dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat daripada gula putih.

Manfaat Gula Merah

Berikut sejumlah manfaat gula merah seperti yang dikutip dari Stylecraze dan Netmeds:

  1. Meredakan Gejala Sakit Haid

Pengobatan tradisional China menggunakan gula merah untuk mengurangi kram menstruasi. Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine menunjukkan bahwa gula merah dapat meringankan gejala menstruasi dan penyakit terkait.

Gula merah juga dapat membantu menyehatkan wanita dari kehilangan darah saat menstruasi. Selain itu, teh gula merah juga dapat membantu meredakan kram menstruasi.

Gula merah ini juga disebut dapat meredakan kram dan rasa tidak nyaman selama kehamilan.

  1. Mencegah Penuaan Kulit Akibat UVB

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Ehime (Jepang), mengoleskan gula merah fraksi non-gula secara topikal dapat mencegah penuaan kulit akibat sinar UVB. Larutan non-gula 1% dan 3% ditemukan dapat mencegah penebalan kulit dan hilangnya elastisitas kulit pada tikus.

Larutan 3% juga mencegah kerutan dan pigmentasi melanin selain meningkatkan diameter dan panjang pembuluh darah kulit.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *