Sentil Capres Kampenye Andalkan Gimmick Berjoget, Anies: Emang Kita Mau Pilih Penari?

Anies Baswedan (foto Antara)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan menilai penting berkampanye menggunakan cara menyerap aspirasi lewat diskusi.

Menurutnya, kampanye yang hanya mengandalkan gimmick berjoget semata mulai berkurang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Alhamdulilah sekarang dengan kita melakukan kegiatan tukar pikiran seperti ini, tampaknya kegiatan kampanye yang hanya joget-joget berkurang volumenya,” kata Anies saat menghadiri perayaan Imlek bersama KOMIT di kawasan Glodok Chinatown, Jakarta Barat, Senin (29/1/2024).

Saat ini, Anies menyebut warga Indonesia tengah dihadapkan dengan pemilihan kepala negara yang berwenang mengambil keputusan.

Agar gelaran Pilpres 2024, Anies menilai perlu adanya peningkatan terhadap kualitas demokrasi.

“Ketika joget-joget yang datang juga tanya emang kita mau milih penari?

Pemimpinlah. Kita mau pilih orang buat ambil keputusan bukan? Saya mau tanya a-b-c-d, betul ditanyain,” katanya.

“Jadi kita ingin meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, kita ingin meningkatkan kualitas pemilu di Indonesia, kita ingin meningkatkan kualitas kampanye.

Jadi ketika kita bilang perubahan tidak dimulai ketika memerintah, dimulai saat berkampanye,” ujar Eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Anies lebih lanjut menekankan, kontestasi Pilpres bertujuan mencari pemimpin yang menawarkan gagasan untuk kemajuan bangsa.

“Ini adalah tentang gagasan bukan kampanye sekedar tentang tampilan foto.

Kenapa? Karena kita sedang memilih orang untuk ambil keputusan. Kan bukan milih orang untuk dipajang fotonya,” ujarnya.

Menurutnya, jika memang pemimpin tersebut hanya ingin dipajang, lebih baik ambil foto yang ada di baliho dan pilih yang paling bagus.

“Betul, tidak? Tapi kita mau pilih orang yang mau ambil keputusan atas nama rakyat, atas nama negara pertanyaannya kita mau mengambil keputusan pakai apa memilihnya. Kami memandang dengan cara diskusi dialog,” sambungnya.

Oleh karena itu, Anies memandang pentingnya menyerap aspirasi warga melalu diskusi, meskipun pada akhirnya tidak semua yang dikatakan calon pemimpin tersebut sama 100 persen dengan para pemilih.

“Tapi yang pasti calon nomor 1 ini memberikan kesempatan bapak ibu untuk nakar berapa persen.

Ada yang enggak ngasih kesempatan, kalau enggak kasih kesempatan dari mana kita tahu?” kata Anies.

“Saya ingin menghormati pemilih dengan memberikan kesempatan pemilih mengetahui apa yang jadi pikiran saya.

Di pemerintahan, kita tidak bisa mengatur pikiran orang, kita hanya bisa mengatur perbuatan,” pungkasnya.

 

Anies dan Ganjar Kompak Sindir Momen Mesra Jokowi dan Prabowo Makan Bakso: Semoga Baksonya Enak Ya

Momen Jokowi dan Prabowo makan bakso di Magelang mengundang reaksi dari calon presiden Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Prabowo sebagai Menteri Pertahanan yang juga capres nomor urut 2 terlihat makan bakso bareng Jokowi di Magelang pada Senin (29/1/2024).

Pertemuan mesra itu mendapatkan reaksi dari Capres lain.

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan kompak kritik pertemuan Jokowi dengan Prabowo.

Anies: Semoga Baksonya Enak 

Capres Anies Baswedan buka suara terkait makan siang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan yang juga capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, di Magelang, Jawa Tengah.

“Ya mudah-mudahan baksonya enak ya,” kata Anies kepada awak media di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Anies menyinggung soal orientasi pada kekuasaan saat ditanya apakah ada kekhawatiran ambisi satu putaran bahwa Jokowi bakal mendukung Prabowo pada Pilpres 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) fokus mengusung visi perubahan untuk kesejahteraan rakyat, bukan orientasi pada kekuasaan.

“Kami sekarang ini konsentrasinya menjangkau masyarakat menyampaikan rencana, menyampaikan pesan harapan, karena itulah yang kami ingin kerjakan, jadi kalau diperhatikan fokus kita adalah perubahan,” ujar Anies.

“Dan bagi masyarakat juga silakan perhatikan mana yang fokusnya pada perubahan rakyat kebanyakan, mana yang sekadar membicarakan kekuasaan, kita justru membutuhkan untuk rakyat kebanyakan,” jelas Anies.

Ganjar: Semakin Bagus

calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menganggap bahwa dukungan politik Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2024 semakin jelas.

“Saya kira itu simbol yang makin meyakinkan dukungan Pak Jokowi ke mana, dan buat kami makin bagus apalagi kalau ada statement terbuka sehingga nanti tidak ada intepretasi lain dan kami sangat menghormati itu,” ujar Ganjar selepas berkampanye di Ambon, Maluku, Senin (29/1/2024).

Ganjar mengaku tak mempermasalahkan makan siang dan ia berharap Kepala Negara tegas soal dukungannya.

Ganjar juga sepakat bila tindakan Jokowi itu dinilai multitafsir.

Meskipun bukan acara kampanye, namun hubungan keduanya dalam kontestasi politik saat ini sulit ditampik.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *