Maraknya Petisi Kampus, Prof Din Syamsuddin: Kerusakannya Sudah Terlalu Akut dan Serius

gerakan kampus
Din Syamsuddin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMantan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof M Din Syamsuddin menyambut baik gerakan kampus yang menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi bangsa saat ini. Menurutnya, gerakan ini merupakan tanda kebangkitan hati nurani dan akal.

“Ini kebangkitan hati nurani, kebangkitan akal budi dan sekaligus silent majority beberapa waktu ini tidak bisa menahan diri lagi melihat kerusakannya yang terlalu akut, serius,” kata Din Syamsuddin di Yogyakarta, Jumat (9/2/2024).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurutnya sikap yang diperlihatkan Presiden Jokowi terlalu demonstratif. Ia pun mengingatkan pemerintah untuk tidak meremehkan kampus.

“Jangan sampai terjadi, nanti akan kualat,” ucapnya.

Untuk itu ia mengimbau agar pemerintah mendengarkan masukan dan kritik dari akademisi. Jika kritik itu benar,  maka pemerintah harus berhenti dari perilaku yang dikritik

“Yang dikritik itu kan etika, moral, yang kedua undang-undang hukum peraturan yang tertulis. Kalau sampai kedua-duanya diabaikan ya menurut saya satu, saya kehilangan kata-kata  untuk menggambarkannya. Tapi biasa di banyak tempat hal seperti itu akan membangkitkan kemarahan rakyat,” ungkapnya.

“Jangan bermain api dengan hati pikiran rakyat dan aspirasi rakyat,” kata Din menambahkan.

Sebelumnya sejumlah kampus menyuarakan kritiknya kepada Presiden Jokowi yang dinilai tidak sesuai dengan semangat demokrasi. Sejumlah kampus juga menyuarakan soal keprihatinannya terhadap kenegarawanan Presiden Jokowi. Selain itu sivitas kampus juga menyoroti masa depan bangsa Indonesia.

Sumber: republika

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *