Merinding JIS

Merinding JIS
Kampanye Akbar Amin di Stadion JIs/instagram JIS
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Abdul Kohar – Anggota Dewan Redaksi Media Group

Hajinews.co.id – STASIUN Ancol tumpah ruah. Stasiun Sunter yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Jakarta International Stadium (JIS) juga dipenuhi lautan manusia. Ada 9 ton salak dari Haji Dirun, Banjarnegara, dan kawan-kawan kelompok tani salak Banjarnegara yang dibagikan gratis di area JIS.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada 10 ton telur asin dari Brebes yang juga jadi oleh-oleh gratis. Ada yang mengayuh sepeda dari Yogyakarta ke JIS. Ada konvoi sepeda motor dari Karawang. Ada long march jalan kaki puluhan kilometer dari Bekasi ke JIS.

Pembatalan bus di saat-saat akhir ternyata tidak menghalangi mereka untuk ‘melawan’ dengan membuktikan hadir di dalam JIS, di luar stadion, di jalan raya sekitar stadion, hingga yang tetap terjebak di Stasiun Ancol dan Stasiun Sunter.

Sungguh, seruan Perubahan sudah jadi mantra ajaib melawan mereka yang mengangkangi akal sehat. Ikhtiar sudah diwujudkan. Doa sudah dipanjatkan. Kerja sudah ditunaikan. Pilihan segera dijatuhkan. Pengawalan dan pengawasan akan terus dilakukan. “Insyaallah ini akan jadi kemenangan sejati,” seru sang teman.

Saya bergetar menyaksikan gerakan kesukarelaan ini. Saya berkaca-kaca atas rupa-rupa ketulusan, keikhlasan, dan pengorbanan ini. Kepada sang teman saya katakan, “Akal sehat akan menang. Kewarasan akan terus diperjuangkan.

“Inilah politik kesukarelaan yang melawan teror dan intimidasi. Inilah kemenangan akal sehat atas indoktrinasi. Inilah kemenangan partisipasi kontra mobilisasi. Betul kata WS Rendra: ‘kesadaran adalah matahari’.

Kesadaran itu mencerahkan seperti sinar terang matahari. Kesadaran itu matahari yang menggerakkan energi. Kesadaran itu panas yang membakar semangat berlipat-lipat tanpa jeri. Kesadaran itu bahan bakar yang terus menggerakkan perubahan, bahkan mengalahkan kekuatan oligarki.

Jutaan orang berarak, bergerak serentak, menuju JIS. Jutaan orang itu digerakkan oleh kesadaran. Jutaan orang itu disuntik semangat mewujudkan perubahan. Bagi mereka, harapan tidak boleh ditenggelamkan oleh perilaku culas kekuasaan. Bagi mereka, kemenangan sejati mesti terus-menerus diilkhtiarkan.

Insyaallah tidak ada perjuangan yang muspra. Insyaallah tidak ada pengorbanan yang sia-sia. Insyaallah tidak ada yang kalah atas pilihan yang dijatuhkan untuk perubahan.

Teman saya lalu lantang berdoa: “Bismillah Ya Allah, aku pasrahkan kepada-Mu. Berkahilah dan ridhoilah perjuangan dan ikhtiar kami. Aamiin.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *