Netralitas Presiden Jokowi

Presiden Jokowi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Demikian pula, dalam kedudukannya sebagai kepala pemerintahan, memegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, sebagaimana Pasal 10 UUD 1945.

Presiden membawahi TNI dalam pengerahan dan penggunaan kekuatan militer, sebagaimana ketentuan Pasal 3 ayat (1) UU No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ia juga sebagai pimpinan tertinggi atas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), sesuai Pasal 8 UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (UU Polri).

Sedangkan, merujuk pada Pasal 27 UU No. 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, presiden membawahi dan menanggungjawabi Badan Intelijen Negara (BIN).

Sikap Presiden Jokowi dan jajarannya tadi yang tidak akan berpihak dalam penyelenggaraan pemilu akan memberikan bobot legitimasi yang semakin tinggi bagi penyelenggaraan Pemilu yang demokratis dan jurdil.

Sikap Presiden Jokowi dan jajarannya itu, juga akan semakin mempertebal citra positif masyarakat terhadap kinerja demokrasi yang dilakukan pemerintahan selama ini.

Hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia dibawah Burhanuddin Muhtadi yang dirilis pada Jumat (9/2/2024) mengungkap temuan bahwa sebanyak 70,7 persen masyarakat menilai kinerja demokrasi pada era pemerintahan Presiden Jokowi berjalan dengan baik. (Detik.com, 9/2/2024).

Netralitas Presiden Jokowi dan jajarannya, dengan demikian, akan sangat menentukan bagaimana kinerja demokrasi yang menurut masyarakat sudah berjalan baik, akan berlanjut hingga perhelatan pesta demokrasi nanti menghasilkan pemerintahan baru yang demokratis. Semoga.

Sumber: kompas

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *