3 Alasan Mie Instan Tidak Sehat, Lihat Juga Efek yang Mengejutkan

Alasan Mie Instan Tidak Sehat
Mie Instan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Jika Anda sering makan mie instan, mungkin Anda akan terkejut dengan pengaruhnya terhadap kesehatan.

Meski tampak seperti makanan yang cepat dan mudah, penelitian menunjukkan bahwa makan mie instan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang serius.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Khususnya, mulai dari masalah usus hingga peningkatan risiko penyakit tertentu.

Nilai gizi mie instan

Melansir Parkwayeast, kandungan nutrisi pada mie instan sedikit berbeda-beda tergantung jenis atau rasa mie instan. Sebagai gambaran, berikut kandungan nutrisi dalam 1 porsi (43g) mie ramen instan:

Kalori – 385kkal Karbohidrat – 55.7g Lemak total – 14,5g Lemak jenuh – 6,5g Protein – 7,9 gram Serat – 2g Natrium – 986mg Tiamin – 0,6mg Niasin – 4.6mg Riboflavin – 0,4mg

Sebagian besar mie instan rendah kalori, namun juga rendah serat dan protein. Mereka juga terkenal tinggi lemak, karbohidrat, dan natrium. Meskipun Anda bisa mendapatkan beberapa mikronutrien dari mie instan, makanan ini kekurangan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan banyak lagi.

Mengapa mie instan tidak sehat?

Masih mengutip Parkwayeast, meskipun banyak orang yang suka mengonsumsi mie instan karena kenyamanan, harga yang terjangkau, dan rasanya, banyak yang tidak mengetahui bahwa ada risiko kesehatan yang mendasarinya.

Mengonsumsi mie instan setiap hari dapat menimbulkan sejumlah konsekuensi yang sangat serius bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa alasan mengapa mie instan buruk bagi Anda:

1. Tinggi natrium

Satu porsi mie instan mengandung antara 397 – 3678 mg sodium per 100 g porsi, terkadang bahkan lebih. Meskipun natrium adalah mineral penting untuk berfungsinya tubuh Anda, terlalu banyak natrium tidak baik untuk kesehatan Anda.

2. Mengandung MSG

Mie instan mengandung MSG, yang merupakan zat tambahan yang sangat umum ditemukan di banyak makanan olahan. Peran utamanya adalah untuk meningkatkan rasa dan kelezatan makanan. Meskipun banyak digunakan dalam berbagai jenis makanan dan disetujui untuk dikonsumsi oleh FDA, ada kekhawatiran mengenai efek jangka pendek dan jangka panjangnya pada tubuh.

3. Rendah serat dan protein

Meskipun merupakan makanan rendah kalori, mie instan rendah serat dan protein sehingga mungkin bukan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Protein telah terbukti meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, sementara serat bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, sehingga meningkatkan rasa kenyang.

10 Efek samping makan mie instan

Melansir Insta Care, berikut adalah 12 efek samping utama makan mie instan:

1. Obesitas

Menurut penelitian terbaru, efek samping makan mie instan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan obesitas karena tingginya kandungan natrium dan karbohidrat.

Tidak hanya itu, bahan-bahan yang digunakan diketahui hanya memiliki sedikit nilai gizi. Hasilnya, orang yang rutin mengonsumsi mie instan cenderung memiliki lingkar pinggang lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

2. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, adalah masalah serius yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk efek samping makan mie instan.

Mengonsumsi terlalu banyak produk tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar natrium dalam tubuh dan menyebabkan tekanan darah tinggi.

3. Kerusakan hati

Kerusakan hati adalah efek samping yang semakin umum dari konsumsi mie instan. Hal ini disebabkan tingginya kandungan natrium dan lemak jenuh yang terdapat pada makanan olahan tersebut.

Selain itu, bahan kemasan yang digunakan untuk menyimpannya mungkin mengandung bahan kimia yang terakumulasi seiring waktu dan berkontribusi terhadap perkembangan penyakit hati berlemak.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *