7 Manfaat Kesehatan Jalan Kaki Teratur 10-30 Menit Mampu Membakar Kalori

Manfaat Kesehatan Jalan Kaki
Jalan Kaki/pexel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idJalan kaki merupakan cara yang bagus untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dengan berjalan kaki, seseorang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit.

Kegiatan jalan kaki tidak memerlukan peralatan apa pun dan dapat dilakukan kapan saja. Jadi olahraga ini sangat sederhana namun mempunyai banyak manfaat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

7 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Kesehatan

Jalan kaki bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung, tulang hingga sendi. Olahraga ini juga bisa membuat mood menjadi baik.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jalan kaki dapat bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung dan oksigen dalam tubuh. Berjalan kaki selama 15 menit saja dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol dan meningkatkan aliran darah.

Mengutip Very Well Health, jalan kaki merupakan salah satu bentuk latihan aerobik yang meningkatkan detak jantung dan konsumsi oksigen. Seiring waktu, hal ini bisa menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskular.

  1. Meningkatkan Mood

Mengkonsumsi coklat hitam bisa meningkatkan mood. Namun, ada cara lain lebih efektif dan tanpa harus mengonsumsi kalori, yaitu dengan berjalan kaki.

Dikutip dari Prevention, sebuah penelitian menunjukkan jalan kaki selama 10 menit bisa membangkitkan semangat. Ditambah berinteraksi bersama pasangan atau teman, jalan kaki bisa membuat mood semakin baik.

  1. Membakar Kalori

Mungkin banyak yang mengira cara menurunkan berat badan adalah hanya dengan melakukan olahraga intensitas tinggi. Pada kenyataannya, berjalan kaki dapat membantu mengelola berat badan.

Menurut seorang pelatih di New York City, Ariel Lasevoli, berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori ekstra. Salah satu kliennya bisa mengurangi lemak 2% hanya dengan satu bulan dengan berjalan kaki setiap pulang kerja. Jaraknya pun kurang dari 1,6 km.

  1. Memperkuat Tulang dan Otot

Jalan kaki merupakan olahraga menahan beban. Melakukan jalan kaki selama 15 menit, olahraga ini bisa meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Olahraga jalan kaki digabungkan dengan latihan kekuatan sangatlah efektif. Tulang dan otot yang kuat dan sehat bisa mengurangi risiko osteoporosis. Berjalan kaki juga meningkatkan koordinasi dan keseimbangan yang diperlukan untuk mencegah kecelakaan.

  1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Berjalan kaki dapat melindungi tubuh dari penyakit seperti flu. Menurut laman Health Harvard, rutin jalan kaki berdampak pada hari sakit 43% lebih sedikit dibandingkan dengan yang berolahraga seminggu sekali atau kurang.

Ketika sakit, durasinya lebih singkat dengan gejala yang lebih ringan. Riset terkait manfaat jalan kaki ini dilakukan pada lebih dari 1.000 pria dan wanita. Mereka yang jalan kaki setidaknya 20 menit sehari dalam 5 hari seminggu.

  1. Meningkatkan Energi, Kreativitas, dan Produktivitas

Berjalan kaki cepat selama 15 menit bisa meningkatkan aliran darah ke otak serta menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Olahraga ringan ini juga dapat meningkatkan hormon perasaan nyaman yang berdampak nyata pada kreativitas dan produktivitas sehari-hari.

Salah satu manfaat terbaik dari jalan-jalan di luar ruangan adalah memberi otak ruang untuk beristirahat. Jadi, ketika merasa stres atau lelah, kamu bisa melakukan rutinitas jalan kaki.

  1. Meringankan Nyeri Sendi

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setidaknya 10 menit dalam sehari, atau sekitar satu jam setiap minggu dapat mencegah kecacatan dan nyeri artitis pada orang lanjut usia.

Sebuah studi di American Journal of Prevent Medicine melibatkan 1.564 orang dewasa di atas 49 tahun yang mengalami nyeri sendi di bagian bawah. Peserta yang berjalan kaki selama satu jam setiap minggunya mempunyai kemungkinan lebih besar untuk terbebas dari disabilitas empat tahun kemudian.

Itulah manfaat jalan kaki yang rutin dilakukan. Alangkah baiknya jika jalan kaki dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan mengonsumsi air putih yang cukup.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *