Dokter Memperingatkan Dampak Kesehatan Dari Memakan Makanan Gosong, Dapat Menyebabkan Kanker

Memakan Makanan Gosong
ilustrasi: Makanan Gosong
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBeberapa orang mungkin menghindari makan makanan gosong karena bau gosong dan rasanya yang sedikit pahit.

Namun, ada juga orang yang suka mengonsumsi makanan yang sedikit gosong, seperti makanan yang dipanggang atau biskuit yang terlalu lama dibiarkan di dalam oven.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bahkan ada juga yang percaya bahwa makanan yang dibakar seperti kue kering baik untuk kesehatan.

Lantas benarkah mengonsumsi makanan gosong baik untuk kesehatan? Apa bahaya atau dampak makan makanan gosong? Berikut jawaban dari para ahli.

Dokter penyakit dalam spesialis gastroenterologi dan hepatologi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo,  Ari Fahrial Syam menyatakan, makanan gosong tidak ada manfaatnya untuk kesehatan.

Dokter yang juga akademisi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini justru menyebutkan, makanan yang dimasak sampai gosong seperti biskuit atau bebakaran memiliki efek buruk bagi pencernaan.

“Ini yang harus diketahui masyarakat, iskuit gosong bukan memiliki efek baik bagi pencernaan, justru sebaliknya bisa menyebabkan gangguan pencernaan,” jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/2/2024) malam.

Ari menjelaskan, makanan gosong menimbulkan gangguan pencernaan karena makanan tersebut mengandung zat yang bersifat racun atau toksik. Zat tersebut salah satunya adalah akrilamida.

Akrilamida adalah senyawa kimia yang terbentuk pada makanan selama diproses menggunakan suhu tinggi, seperti saat digoreng, dipanggang, atau dibakar.

“Ini (akrilamida) bisa membuat kerusakan sistem DNA kita yang pada akhirnya bisa menyebabkan kanker,” ungkap Ari.

Dia menambahkan, orang yang terus-terusan makan makanan gosong akan memicu kanker pada saluran pencernaannya.

Ini karena makanan yang dimasak dalam suhu tinggi sampai gosong juga mengandung senyawa bersifat karsinogen atau pemicu kanker.

Ari kembali menegaskan, konsumsi makanan gosong dalam bentuk apapun tidak memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

“Anjuran mengonsumsi biskuit yang gosong untuk mengatasi maag atau sakit lambung merupakan anjuran yang sesat,” tegasnya.

Nutrisi makanan terganggu

Terpisah, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan mengatakan, makanan yang diolah hingga gosong akan merusak nutrisi di dalam makanan itu sendiri.

Makanan gosong mengandung akrilamida, zat yang diduga dapat meningkatkan risiko kanker.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *