Penuhi Energi Selama Puasa Ramadan 2024, dr. Zaidul Akbar: Ini Tips Sehat Untuk Sahur

Tips Sehat Untuk Sahur
dr. Zaidul Akbar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idPakar kesehatan ala Nabi Muhammad SAW, dr. Zaidul Akbar berbagi tips sehat makan sahur untuk puasa Ramadan 2024.

Menurut Zaidul Akbar, mengonsumsi makanan sehat di pagi hari membuat tubuh sehat dan mencegah lemas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kini kita telah memasuki awal bulan Ramadan tahun 1445 Hijriah, yang mana umat Islam diperintahkan untuk berpuasa.

Perintah berpuasa sebulan penuh atau sekitar 30 hari di bulan Ramadan. Tujuan puasa adalah untuk menahan nafsu, termasuk berpantang makan dan minum di siang hari.

Puasa merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan oleh umat Islam untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Puasa di siang hari dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menyebabkan lemas dan lesu saat beraktivitas.

Selain pahalanya, puasa juga memberikan efek menyehatkan bagi tubuh, karena membatasi makanan dapat mencegah berbagai penyakit.

dr Zaidul Akbar menyampaikan beberapa jenis makanan olahan perlu dikurangi saat sahur.

“Sebenarnya konsep makan itu adalah kita hanya perlu makan makanan yang benar. Pertama, makanan olahan itu dikurangi, di waktu sahur saya menyarankan untuk mengonsumsi lemak,” jelas dr Zaidul Akbar dikutip dari kanal youtube Bisikan.com.

Lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh atau lemak yang baik bagi tubuh. Contoh lemak tersebut ada pada kandungan minyak zaitun dan alpukat.

Minyak zaitun adalah minyak terbaik, karena zaitun mengandung mufa atau Unsaturated fatty acid yang golongan medium.

dr Zaidul Akbar menambahkan, kalau tidak ada minyak zaitun ganti dengan VCO (minyak kelapa), atau bisa juga minum santan.

“Santan peras itu kasih madu dan jahe,” ujar Zaidul Akbar

Dan baiknya menurut Zaidul Akbar santan yang diminum bukan santan kotak atau kemasan.

Ditambahkannya, kalau orang luar menyebut santan ini sebagai coconut milk atau susu kelapa, yang termasuk lemak baik. Sedangkan komposisi dari santan yaitu protein dan lemaknya mirip dengan asi.

Agar tidak loyo dan lemas saat berpuasa dr Zaidul Akbar pun memberikan tips jenis makanan yang perlu dikonsumsi saat sahur.

“Yang kedua, supaya tidak terlalu lemas kita tetap perlu makan karbohidrat, bagi yang tetap beraktivitas yang cukup menguras energi perlu makan karbohidrat namun usahakan jangan terlalu banyak,” imbaunya.

Salah satu karbohidrat adalah nasi, namun dr Zaidul Akbar menyarankan agar memilih nasi yang baik dan sehat, misalnya nasi dari beras coklat.

Bisa pula mengonsumsi kentang, ubi jalar, maupun singkong sebagai pengganti nasi.

Melengkapi isi piring saat sahur, dapat ditambahkan sayur dan buah yang mengandung serat.

“Jadi sebenarnya 4/6 dari isi piring adalah sayur dan buah, 1/6 nya diisi protein dan 1/6 lagi diisi biji-bijian. Di dalam biji atau kacang-kacangan ini ada minyaknya juga,” ungkap dr Zaidul Akbar.

Di waktu sahur juga bisa konsumsi madu dan habbatussauda, dua jenis makanan ini cukup memberikan energi bagi tubuh. Serta jangan lupa minum banyak air putih.

Selain minum air putih, bisa minum minuman yang mengandung enzim, misalnya jeruk nipis hangat atau madu hangat.

“Kemudian kita berdoa kepada Allah semoga Allah berkahi makanan tersebut agar cukup untuk beraktivitas,” pungkas dr Zaidul Akbar.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar