Banyak Orang Yang Belum Mengetahui Bahwa Buah Duku Memiliki 11 Manfaat Bagi Kesehatan

Manfaat buah duku
buah duku
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBuah duku atau lasdium parasitium merupakan buah yang termasuk dalam keluarga buah Langsat. Rasanya manis, asam dan kadang sedikit pahit. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, buah dengan daging buah yang tebal ini mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. 100 gram buah duku mengandung 8,0 gram air, kalori 63 kkal, 1,0 gram protein, 4,3 gram serat, 0,2 gram lemak, 16,1 gram karbohidrat, 18 miligram (mg) kalsium, 9 mg fosfor. , zat besi 0,9 mg, natrium 2 mg, kalium 149 mg, tembaga 0,09 mg, seng 0,2 mg, thiamin 0,05 mg, riboflavin 0,15 mg, niasin 1,5 mg, dan vitamin C 9 mg.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kendati ukurannya kecil, buah satu ini kaya akan vitamin hingga antioksidan yang bagus untuk tubuh. Yuk simak apa saja manfaat dari buah duku.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat pertama dari buah duku yakni membantu mengontrol tekanan darah. Ini terjadi karena kandungan kalium dalam buah duku mampu menurunkan tekanan darah tingga serta mengendurkan otot pembuluh darah.

Menjaga Sistem Saraf dan Menambah Energi

Kandungan Vitamin B seperti tiamin, ribaflavin, dan niasin  mampu membantu  proses pengolahan karbohidrat menjadi energi sekaligus menjaga keselarasana fungsi dari sistem saraf. Tak heran buah duku bisa menambah energi dan menjaga sistem saraf.

Bantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah duku lainnya yakni membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C pada buah duku meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat menjadi antioksidan yang melindngi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

Mencegah Tumor pada Kulit

Sesuai dengan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pre-Clinical and Clinical Research, kandungan flavonoid dalam buah duku juga diklaim bermanfaat untuk mencegah perkembangbiakan tumor pada kulit.

Mencegah Kanker

Manfaat lain dari buah duku yakni mampu mencegah kanker. Diketahui di dalam buah duku memiliki kandungan antimutagenik yang mampu mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

Antimalaria

Bji buah duku juga berpotensi menjadi obat malaria. Sebuah penelitian di Thailand dan Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Phychemistry menyebut biji duku bis amenjadi obat malaria.

Dari penelitian itu ekstrak biji duku dapat dimafaatkan untuk mengobati penyakit malaria falciparum, penyakit malaria yang paling berbahaya.

Kendati demikian, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Antibakteri

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *