Pernyataan Kontroversial Bahwa Iran Ingin Menghapus Israel Dari Peta Dunia

Iran Ingin Menghapus Israel Dari Peta Dunia
Ayatollah Ruhollah Khomeini
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pernyataan Khomeini dalam bahasa Persia itu merujuk kepada arti lain. Khomeini menginginkan rezim zionis lenyap, bukan menghapus Israel dari peta dunia. Rezim pendudukan atas Yerusalem harus lenyap dari arena waktu. Begitu kata Khomeini.

Vokalnya Ahmadinejad mengecam hagemoni barat terhadap Palestina membuatnya banyak dikecam di Amerika Serikat. (Wikimedia Commons)

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pernyataan Khomeini salah diterjemahkan ulang oleh penerjemah anonim dari suatu media barat. Penyataan itu lalu berubah jadi rezim pendudukan atas Yerusalem harus dihapus dari peta dunia. Analis dari Carnegie Endowment for International Peace, Karim Sadjadpour membenarkan hal itu.

Ia menyebut dampak dari salah artikan pidato Khomeini berimbas besar. Gelora perlawanan terhadap Israel kian kuat. Di era Ahmadinejad, apalagi. Penyataan salah kutip itu terus digelorakan Ahmadinejad sambil terus berisik terkait sikap anti-Israel.

Ahmadinejad menyebut siapapun yang mengakui Israel akan terbakar dalam api kemarahan negara Islam. Nyatanya, ulah penerjemah anonim mampu membuat beberapa pemimpin dunia ikut saling kecam. Sekalipun pihak Israel tetap menilai apa saja yang keluar dari mulut pemerintah Iran adalah bualan belaka.

“Sadjadpour, yang telah mempelajari dengan cermat pernyataan-pernyataan Khomeini, mengatakan bahwa pemimpin tertinggi tersebut telah berbicara lebih banyak mengenai masalah Israel dibandingkan isu-isu lainnya. Hal ini merupakan suatu yang luar biasa mengingat Iran tidak berbatasan dengan Israel dan bahwa negara Yahudi hampir tidak mempunyai dampak apa-apa terhadap negara tersebut.”

“Utamanya, kehidupan sehari-hari masyarakat Iran. Sadjadpour mengatakan Khomenei telah konsisten. Ia berulang kali menyatakan bahwa tujuannya bukanlah penghancuran militer terhadap negara Yahudi. Namun, ia menginginkan kekalahan ideologi Zionis dan pembubaran Israel melalui referendum rakyat,” ujar Glenn Kessler dalam tulisannya di laman The Washington Post berjudul Did Ahmadinejad Really say Israel Should be ‘Wiped off the Map? (2011).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *