Kubu Prabowo-Gibran Terus Memperbesar Koalisi

Prabowo-Gibran Terus Memperbesar Koalisi
TKN Prabowo-Gibran
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idPembacaan terhadap putusan Mahkamah Konstitusi tentang gugatan hasil Pilpres 2024 dinilai menjadi faktor penting yang akan mengubah peta koalisi pasca pemilu.

Ke depan, beberapa parpol pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar diperkirakan akan bergabung dengan kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi bagian dari koalisi penguasa 2024-2029.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sidang hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024 menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sah terpilih sebagai calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) terpilih.

Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya untuk memperbesar koalisi untuk memperkuat dukungan terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran. Upaya dimaksud dilakukan dengan mengajak partai politik (parpol) pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo-Gibran.

Sejumlah parpol yang berada di luar KIM terbagi atas pengusung Anies-Muhaimin, di antaranya Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selain itu, ada pula pengusung Ganjar-Mahfud, antara lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara, KIM terdiri dari beberapa parpol, antara lain, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

”Kepada partai-partai koalisi, kami berharap kita akan terus bersatu dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Kami akan terus mengembangkan koalisi, karena kita membutuhkan Indonesia yang kuat, pemerintah yang kuat,” tutur Muzani seusai jumpa pers di Media Center Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran itu tidak memungkiri, upaya memperbesar koalisi telah dilakukan dengan berkomunikasi dengan sejumlah partai di luar KIM. Contohnya, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mengusung Anies-Muhaimin. Begitu pula Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mengusung Ganjar-Mahfud.

Tak hanya itu, pihaknya juga terus mengupayakan pertemuan antara Prabowo dan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI-P. Pertemuan tersebut, kata Muzani, sedang diupayakan dengan mencari waktu yang tepat. ”Mudah-mudahan agenda ini tidak terlalu lama lagi akan disampaikan kepada publik,” kata Muzani.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *