Jika PDIP Pasangkan Anies dengan Risma, Pengamat: Kekuatan Mereka akan Sangat Dahsyat



banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — PDIP diprediksi berpeluang menang dalam Pilkada DKI Jakarta jika mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur untuk periode 2024 – 2029.

Sementara, sudah diketahui bahwa tidak ada satu pun partai politik (parpol) di Jakarta yang bisa mengusung calonnya sendiri dalam Pilkada 2024. Pasalnya, syarat minimal bisa mengusung pasangan calon (paslon) di Pilkada Jakarta 2024, yaitu memiliki 22 kursi di DPRD Jakarta.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jumlah kursi PDIP di DPRD Jakarta menurun pada Pemilu 2024 dan koalisi parpol mereka pada Pilpres 2024 juga tak akan mampu mengusung calon sendiri.

PDIP hanya mempunyai 15 kursi di DPRD Jakarta, lalu PPP dan Perindo masing-masing satu kursi. Ada pun Hanura tak mendapatkan kursi.

Terkait, pengamat politik dari Universitas Nasional, Selamat Ginting, kepada awak media menyampaikan bahwa Anies Baswedan pantas jadi Gubernur DKI Jakarta periode lima tahun ke depan.

Dia mengatakan, salah satu cara agar PDIP bisa memenangkan hajatan demokrasi tersebut, adalah menjadi bagian dari kubu yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur untuk Pilgub DKI Jakarta.

Sebab, sampai saat ini dia menilai nama-nama dari kader PDIP kurang menjual untuk diusung di Jakarta, termasuk sosok Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Bahkan andai saja kader PDI Perjuangan seperti Risma maju menjadi wakil gubernurnya Anies, kekuatan mereka akan sangat dahsyat dan akan menjadi fenomena arah baru dalam politik Jakarta, dan Indonesia pada umumnya,” kata Ginting, Selasa, 21 Mei 2024.

Dia menambahkan, sampai saat ini Anies merupakan tokoh yang elektabilitasnya paling besar di Jakarta. Modal utamanya ialah Anies pernah menjabat sebagai Gubernur Jakarta 2017-2022.

Bahkan, pada kontestasi Pilpres 2024 silam, suara Anies di Jakarta juga masih tinggi meski kalah tipis dari Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Jadi karena punya dua modal sosial politik yakni sebagai mantan gubernur dan mempunyai suara signifikan dalam pilpres maka itulah yang membuat Anies masih jadi sosok dominan dalam ingatan publik warga Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menyebut, partainya tak menutup kemungkinan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (bacagub) di Pilkada Jakarta 2024.

“Tentu (ada peluang dari PDIP untuk Anies). Tergantung penilaian DPP (dewan pimpinan pusat), dan rekam jejak calon tersebut,” ucap Gilbert kepada wartawan, belum lama ini.

Gilbert menyampaikan, DPD PDIP DKI Jakarta mempersilakan Anies mendaftar sebagai bakal calon gubernur (bacagub) DKI Jakarta melalui partai berlambang banteng tersebut.

Pasalnya, PDIP terbuka lebar bagi siapa pun yang ingin mendaftar sebagai bacagub DKI Jakarta.

“Kalau memang Bung Anies berniat maju (Pilkada) lewat PDIP, sekarang saatnya pendaftaran di DPD. Sistemnya terbuka, silakan mendaftar,” kata Gilbert.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *