Melalui NUSUK, Arab Saudi Menawarkan Pengalaman Jemaah Haji dan Umrah Yang Luar Biasa

NUSUK Haji dan Umrah
NUSUK Haji dan Umrah


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idPemerintah Arab Saudi terus berupaya untuk memfasilitasi pelayanan bagi jemaah haji dan umrah. Pada tahun 2022, Otoritas Pariwisata meluncurkan program NUSUK yang bekerja sama dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Dalam keterangan tertulis, pihak berwenang Arab Saudi menyatakan bahwa platform NUSUK memberikan akses yang mudah dan nyaman bagi jemaah umrah dan pengunjung dari seluruh dunia untuk menunaikan umrah di Makkah dan mengunjungi Madinah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Langkah ini penting terutama bertujuan untuk meningkatkan layanan bagi para tamu yang dimuliakan melalui sebuah aplikasi dengan lebih dari 120 layanan digital terotomatisasi, yang dipersiapkan secara cermat setelah memperkirakan kebutuhan secara tepat dan sistematis,” demikian bunyi pernyataan otoritas Arab Saudi yang diterima detikHikmah detikcom dikutip Kamis, 30 Mei 2024.

Pada akhir April lalu otoritas Arab Saudi menggelar Pameran Wisata Saudi di Kawasan Kota Kasablanka Jakarta Selatan untuk lebih memperkenalkan NUSUK kepada masyarakat Indonesia. Jakarta dipilih karena Indonesia adalah satu negara muslim dengan jumlah Jemaah haji dan umrah terbesar di dunia. Pameran NUSUK diikuti lebih dari 900 mitra biro perjalanan wisata serta agen wisata baik dari Indonesia maupun Arab Saudi.

Dalam kesempatan tersebut pelaku bisnis layanan travel umrah dan haji diberikan kesempatan untuk bertemu serta berdiskusi dengan langsung dengan pejabat-pejabat terkait. Banyak hal yang didiskusikan, seperti bagaimana upaya meningkatkan layanan juga strategi menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin akan dihadapi di masa yang akan datang.

Menteri Haji dan Umrah Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah datang langsung ke Indonesia untuk membuka Pameran Wisata Saudi. Hadir juga Wakil Presiden Indonesia KH. Ma’ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Qoulil Qoumas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sejumlah pelaku usaha travel perjalanan wisata juga umrah dan haji juga hadir.

Peningkatan Jumlah Jemaah haji Indonesia

Sejumlah fasilitas layanan dari pemerintah Arab Saudi terhadap Jemaah haji dan umrah menjadi salah satu pembahasan serius dalam pertemuan pejabat dan pelaku bisnis pariwisata. Pemerintah Arab Saudi dinilai banyak memberikan kontribusi terhadap peningkatan jumlah Jemaah haji Indonesia. Bahkan selama tahun 1445 Hijriyah saja pemerintah Arab Saudi tercatat telah menerbitkan 1,2 juta visa umrah untuk Jemaah dari Indonesia.

“Aplikasi Nusuk telah memberikan beberapa keistimewaan, termasuk menghadirkan bahasa Indonesia untuk membantu jemaah-jemaah haji dan pengunjung – pengunjung lainnya. Juga dimungkinkan bagi para wanita Indonesia untuk datang seorang diri dengan tidak membutuhkan pendamping pria untuk melaksanakan Umroh dan menikmati liburan sebagai seorang turis di semua tujuan – tujuan wisata Saudi yang beraneka ragam,” tulis otoritas Saudi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *