Ini Makna dan Filosofi Wukuf di Arafah dalam Ibadah Haji

Wukuf di Arafah dalam Ibadah Haji
Wukuf di Arafah dalam Ibadah Haji


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idWukuf di Arafah merupakan bagian puncak dalam ibadah haji. Berdasarkan laman resmi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian, wukuf Arafah akan dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah 1445 Hijriah atau 15 Juni 2024.

Dalam ibadah wukuf disajikan analogi perjalanan manusia menuju akhirat, termasuk perlunya ampunan Allah dan haji sebagai bukti pengampunan dosa. Berdasarkan sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Siapa orang berhaji kemudian ia tidak melakukan perbuatan keji serta kefasikan, maka ia kembali bersih (diampunkan) dari dosa-dosanya sebagaimana ketika ia dilahirkan ibunya”. (Mutafaq ‘Alaih).

Makna dan Filosofi Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah memiliki makna dan filosofi yang mendalam dalam sebuah pelaksanaan ibadah haji. Dalam ibadah tersebut mengajarkan pentingnya pengampunan, taubat, persatuan, persaudaraan, persiapan untuk akhirat, dan kekuatan doa.

Selama wukuf di Arafah, jemaah haji dianjurkan untuk merenungkan makna serta tujuan di balik ritual tersebut, serta memanfaatkan waktu dengan beribadah dan memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT. Berikut makna dan filosofi wukuf di Arafah dalam ibadah haji.

  1. Pengampunan dan Taubat

Wukuf di Arafah merupakan kesempatan bagi para jemaah untuk memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah SWT. Dalam Islam, Arafah dianggap sebagai tempat di mana Nabi Adam dan Hawa bertemu setelah diturunkan ke bumi dan memohon ampunan kepada-Nya.

Dari kisah tersebut wukuf di Arafah mengajarkan pentingnya introspeksi diri dan mengakui kesalahan. Juga sebagai momentum memohon ampunan kepada Allah SWT.

  1. Melambangkan Hari Kiamat

Wukuf di Arafah melambangkan hari kiamat, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa “Haji adalah Arafah”. Dalam pandangan ini, wukuf dianggap sebagai simulasi hari kiamat.

Di mana, semua manusia berkumpul di hadapan Allah SWT untuk melalui proses hisab (perhitungan amal perbuatan). Wukuf di Arafah mengajarkan pentingnya mempersiapkan diri untuk akhirat dan mengingatkan akan kebesaran serta keadilan Allah SWT.

  1. Kesatuan dan Persaudaraan

Wukuf di Arafah juga menggambarkan kesatuan dan persaudaraan muslim. Pada hari tersebut, jemaah haji dari berbagai negara dan latar belakang etnis berkumpul di Arafah tanpa perbedaan status sosial.

Dengan hal ini, wukuf di Arafah mengajarkan pentingnya persatuan, saling mencintai, dan menghormati antar sesama muslim. Juga menekankan bahwa kedudukan manusia adalah sama di hadapan Allah SWT.

  1. Doa dan Permohonan

Wukuf di Arafah adalah waktu yang sangat diberkahi untuk berdoa kepada Allah SWT. Dalam Islam, diyakini bahwa doa yang dilakukan di Arafah akan segera diijabah dan dikabulkan. Jemaah haji menggunakan waktu tersebut untuk berdoa, memohon ampunan, dan mengungkapkan keinginan serta kebutuhan mereka kepada Allah SWT.

Pada hakikatnya, wukuf di padang Arafah mengajarkan manusia untuk sejenak meninggalkan aktivitas duniawi selama beberapa jam, untuk memberhentikan segala kegiatan apapun agar bisa melakukan introspeksi diri, di mana pada saat itu jiwa dan spiritual seakan naik menemui Allah SWT.

Wukuf di Arafah memberikan rasa keharuan dan menyadarkan para jemaah haji akan yaumul mahsyar. Yang di mana pada saat itu, manusia diminta mempertanggungjawabkan segala perbuatan yang telah dilakukan semasa di dunia.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar