Timwas Sebut Tenda Haji RI di Arafah Over Kapasitas: Jalan Aja Sempit!

Tenda Haji RI di Arafah Over Kapasitas
Tenda Haji RI di Arafah Over Kapasitas


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idTim Pengawas Haji (Timwas) RI meninjau tenda jemaah RI di Arafah jelang Wukuf ke-9 Zulhijah. Timwas menggambarkan tenda jamaah haji kelebihan kapasitas atau overcapacity.

“Sementara tenda jemaah yang ada di Arafah itu tulisannya, jumlah kapasitas yang disebutkan itu melebihi kapasitas. Sementara yang tersedia itu katakanlah (misal untuk) 360 (jemaah) tapi di dalamnya 400,” kata anggota Timwas DPR RI Marwan Dasopang kepada wartawan di lokasi, Kamis (13/6/2024).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pengecekan dilakukan oleh Timwas yang dipimpin Wakil Ketua DPR Loedwijk Freidrich Paulus; Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi; Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang, Ace Hasan Syadzily, Abdul Wachid; Anggota Komisi VIII DPR Syaifullah Tamliha, M Fauzan Nurhuda Yusro, Sri Wulan, Iskan Qolba Lubis.

Marwan juga menyoroti masalah kasur di tenda jemaah yang dinilai terlalu kecil. Menurutnya, dengan ukuran kasur yang kecil itu, jemaah kesulitan bergerak.

“Belum kita menghitung kasurnya untuk jemaah terlalu kecil. Kita hitung kapasitas kalau orang duduk, rebahan bagaimana,” imbuhnya.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini juga menyoroti tenda kesehatan. Marwan meminta agar tenda tersebut didekatkan dengan kantor pemerintah.

“Berbagai hal kekurangan di tenda kesehatan bisa dipakai di tenda pemerintah,” ucapnya.

Menurut hasil pengamatannya, posisi tenda kesehatan jemaah haji di RI dinilai kurang tepat.

“Kita tadi menemukan bahwa tenda kesehatan itu posisinya kurang tepat, selain posisinya sempit dan kecil, ada juga yang mengganggu kiri-kanan, sehingga kita tidak bisa berjalan,” katanya.

Kasur Disebut Mirip ‘Karpet Anak TK’

Tenda Arafah yang dikunjungi oleh Timwas ini memiliki kapasitas 360 jemaah. Tenda tersebut memiliki fasilitas kasur (alas tidur dan bantal), air conditioner (AC), dispenser.

“Nah sekarang gini, itu ada tulisan kapasitas 130. Ada nggak 130?” Ace bertanya kepada PPIH Makkah, Nurcholis Bin Turmudzi, di lokasi.

Sebagai informasi, tenda tersebut memiliki kapasitas untuk 360 jemaah yang dibagi dua sisi (masing-masing 130 orang). Namun, dari haail penghitungan Timwas, tenda tersebut hanya muat untuk 330 orang.

“Berarti kapasitas ini 360?” tanya Marwan Dasopang.

“Over 30,” timpal Abdul Wachid.

“Untuk 360? Sementara hitungan kita hanya 330. Yang 30 orang terpaksa di luar?” tanya Ace lagi.

Sumber: detik

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *