Alhamdulillah! PPIH Memfasilitasi Jemaah Sakit Yang Belum Pernah Ke Ka’bah dan Raudhah

PPIH Memfasilitasi Jemaah Sakit Yang Belum Pernah Ke Ka'bah
Jemaah haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idPanitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memperbolehkan jemaah haji yang sakit untuk datang dan berdoa di depan Ka’bah dan Raudhah. Nantinya, status kesehatan jemaah haji diperiksa untuk proses mobilisasi.

Pengumuman tersebut disampaikan Vidi Dwinanda pada Selasa (2 Juli 2024) dalam siaran pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kementerian Agama (Kemenag).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Widi mengatakan, PPIH telah membantu jemaah haji Indonesia yang dirawat sejak tiba di Mekah dan belum pernah ke Masjidil Haram untuk melihat dan berdoa di depan Ka’bah.

Hal ini juga berlaku bagi jemaah haji yang berada di Madinah dan belum pernah mengunjungi masjid Nabawi dan Raudhah.

PPIH daerah kerja atau daker Madinah juga memfasilitasi jemaah Indonesia yang belum pernah ke Masjid Nabawi untuk beribadah dan berziarah ke Raudhah,” kata Widi.

Fasilitas ini merupakan bentuk ikhtiar petugas dalam melayani para tamu Allah untuk memperoleh kesempatan beribadah dan berdoa di tempat mustajab di Tanah Suci.

“PPIH berharap upaya ini dapat membawa kebahagiaan tersendiri bagi para jemaah,” sambung Widi.

Sebelum difasilitasi menuju Ka’bah di Makkah dan Raudhah di Madinah, PPIH akan lebih dulu mengidentifikasi jemaah yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Setelah mengetahui kondisi jemaah, lalu PPIH menentukan apakah jemaah tersebut bisa atau tidak dimobilisasi untuk mengunjungi Ka’bah dna Raudhah.

Dalam kesempatan ini, Widi juga menyampaikan himbauan dari PPIH pada jemaah haji Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan selama di kota Madinah dengan makan tepat waktu dan menjaga hidrasi tubuh.

“Minum air yang cukup, bagi jemaah yang sakit agar minum obat teratur sesuai dengan anjuran dokter,” ujar Widi.

PPIH juga berpesan kepada seluruh jemaah yang berada di Madinah untuk selalu mengindahkan ketentuan yang berlaku selama berada di kota Madinah khususnya di area Masjid Nabawi.

Jumlah Jemaah yang Pulang ke Tanah Air

Pada hari ini, Selasa 2 Juli 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) jumlah jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke tanah air berjumlah 74.504 orang, mereka tergabung dalam 189 kelompok terbang (kloter).

Jemaah yang diberangkatkan dari Mekkah ke Madinah berjumlah 6.851 orang yang tergabung dalam 17 kloter.

“Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau SISKOHAT hingga 2 Juli 2024 pukul 09.32 WIB, jemaah haji Indonesia yang wafat yaitu berjumlah 348 orang,” jelas Widi.

Hari ini, Selasa 2 Juli 2024 jemaah yang akan dan telah diterbangkan ke tanah air berjumlah 7.033 orang, mereka tergabung ke dalam 18 kloter.

Sumber: detik

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *