Hikmah Pagi: Antri, Lama, Tahunan, Mahal, Itulah Berhaji!

Itulah Berhaji
Berhaji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Berhaji, antri, lama tahunan, dan mahal. Betapa pun, masyarakat Muslim Indonesia tidak surut untuk melakukan ibadah yang waktunya hanya setahun sekali. Jika berhasil mabrur, maka sabarnya pasti mendaki (baca: meningkat tajam) dan berpahala surga. Apa maksudnya?

Kehidupannya menjadi selalu bahagia, walau masih di dunia. Bicaranya tak ke mana-mana. Arahnya kepada memuji, mengajak mengasihi, menyayangi. Kesenangannya, memberi walau pun tak harus meminta bukti. Baik kuitansi atau publikasi. Indahnya kehidupan setelah berhaji. Semoga setiap siapa pun yang berhaji, mampu menjadi haji mabrur yang sejati, aamiin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Haji yang mabrur, menghadirkan perilaku individu yang bertambah santun. Santun dalam bertutur. Baik di lisan maupun di jari-jari (melalui media sosial pribadi, WA dll). Tidak hobi menyakiti, tidak hobi menghina, tidak hobi memaki-maki. Tidak bisa mencaci. Tidak juga senang menghakimi. Hobinya memuji.

Sombong angkuh perlahan dijauhi. Memang sebagian yang baru pulang haji. Senang ‘pamer’ emas, atau apa saja yang baru dibeli. Namun itu bukan termasuk sombong diri. Sombong di sini adalah merasa diri lebih baik, lebih suci. Itu dirasakan karena upaya dirinya sendiri. Bukan karena anugerah rahmat Allah Yang Maha Terpuji. Kalau begitu itulah sombong sejati. Menduakan Tuhan dengan diri sendiri.

Haji mabrur menjauhi sangka buruk karena sangat merugikan diri sendiri. Perilaku yang mudah mengundang sakit ulu hati, kencing manis, dan darah tinggi.

Ia yang mabrur tidak hobi berdusta atau membohongi. Setia kepada janji. Melaksanakan amanah yang diberi. Baik amanah pribadi, masyarakat atau pun amanah negeri. Agar menjadi negeri yang makmur sejati.

Kepada orang tua taat dan penuh bakti. Menyempurnakan hormat, melayani, dan menyantuni. Kepada yang lebih tua menghormati. Kepada yang lebih muda menyayangi. Menyayangi istri atau suami sendiri. Menyayangi keluarga, putra-putri. Kepada yatim, fakir dan miskin menyantuni. Kepada seluruh umat manusia dan semesta meneladani akhlak Nabi.

Andai setiap yang berhaji mabrur, mampu menggapai mabrur sejati. Betapa surganya negeri kita ini.

Tapi jangan dulu segera berkecil hati. Karena tingkatan mabrur bisa berseri. Dari mabrur sedikit sampai tingkat mabrur setinggi langit.

Haji pun bisa di-‘kredit’. Sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Hayo semua, setiap kita bangkit. Caranya?

Ada salah satu hadits dari Nabi yang bisa kita praktikkan setiap hari.

Untuk doa menjelang tidur malam Rasulullah SAW pernah berwasiat kepada ‘Aisyah binti Abu Bakar RA.

“Wahai ‘Aisyah, janganlah engkau tidur sebelum engkau lakukan empat hal: mengkhatamkan al-Qur’an, memperoleh syafaat dari para nabi, membuat hati kaum mukminin dan mukminat senang dan ridha kepadamu, serta melakukan haji dan umrah.”

‘Aisyah bertanya, “Ya Rasul, bagaimana mungkin aku melakukan itu semua sebelum tidur?”

Rasulullah menjawab, “Sebelum tidur, bacalah Qul huwa Allahu ahad (al-Ikhlas lengkap) tiga kali. Itu sama nilainya dengan mengkhatamkan Al Qur’an.”

“Kemudian supaya engkau mendapat syafaat dariku dan para nabi sebelumku, bacalah shalawat: Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shalayta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim fil ‘alamina innaka hamidun majid.”

Memohonkan ampunan bagi mukminin dan mukminaat, bisa menggunakan kalimat doa, “Rabbanaa ighfirlanaa dzunuubanaa wa lil mukminiina wal mukminaat, al-ahyaa-i min hum wal amwaat.”

Rasulullah melanjutkan, “Sebelum tidur, hendaknya engkau lakukan haji dan umrah.”

Bagaimana caranya? Beliau bersabda, “Siapa yang membaca subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha ilallah huwa Allahu akbar, ia dinilai sama dengan orang yang melakukan haji dan umrah.”

Jika sesuai jumlah bilangan membaca subhaanallah, alhamdulillah dan Allahu akbar setelah shalat fardlu, bilangannya masing-masing 33 kali.

Terbaca dari untaian kalimat doa bimbingan Nabi:

Al-Ikhlash, merupakan bacaan sekaligus doa agar muslim memiliki keyakinan tauhid yang kuat. Dari sini setiap muslim dibimbing untuk meyakini, bahwa pasti yang dimaksud Tuhan hanya Allah saja. Dirinya hanyalah hamba yang tidak punya apa-apa. Fisik, tampan-cantik bukan miliknya tapi milik Tuhannya. Kepandaian jika ada, kekayaan, termasuk seluruh kebaikan jika pernah ada, bukan miliknya. Semua itu hanya anugerah rahmat-Nya semata.

Pemahaman tauhid model demikian, pastilah menyucikan orang dari sombong (merasa lebih baik dari yang lain). Bagaimana bisa sombong sedangkan dirinya hanyalah hamba yang tidak punya apa-apa.

Shalawat kepada Nabi dan para nabi, merupakan doa agar dirinya selalu ditolong Tuhan untuk selalu berusaha optimal meneladani akhlak para beliau. Selalu shilah, connect, sambung kepada para beliau.

Mendoakan orang-orang mukmin bisa bermakna memohon Tuhan untuk melepaskan seluruh kondisi buruk mereka. Termasuk memaafkan seluruh kekeliruan mereka, mendoakan mereka agar mulia dunia-akhiratnya.

Jiwa yang diingatkan agar setiap akan tidur melakukan itu dalam bentuk doa, ‘pastilah’ semakin hari menjadi semakin terpuji. Dalam hatinya tidaklah ada sisa iri, dengki, egois mau menang sendiri. Tapi justru altruist, senang memaafkan dan senang berbagi.

Selanjutnya tasbih sebagian maknanya adalah memohon kepada-Nya agar menyucikannya dari seluruh sangka buruk dalam hati.

Tahmid adalah doa agar Tuhan selalu membuat dirinya senang, gemar memuji, menghindar dari kecewa, dan selalu mensyukuri.

Takbir bisa menjadi doa agar dirinya dikuatkan Tuhan untuk mendaki menuju akhlak lebih tinggi sesuai akhlak para Nabi.

Bukankah sebagian makna tasbih, tahmid dan takbir ini merupakan esensi. Tujuan utama yang diharapkan bisa diperoleh setiap orang yang melakukan ibadah haji?

Semoga setiap kita berkenan menjalani. Salah satu upaya kredit melakukan ibadah haji. Agar segera mampu berhaji betulan dan mabrur sungguhan. Untuk menggapai peringkat akhlak mendekati akhlak Nabi, aamiin!

Abdurachman

Penulis adalah Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Pemerhati spiritual medis dan penasihat sejumlah masjid di Surabaya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *