Oleh Firman Cecak
Hajinews – Garuda Indonesia juga cukup canggih dalam menjual dirinya untuk direkomendasikan. Sejak 2012, Garuda Indonesia menjadi official flight carrier Klub bola Liverpool, bahkan baru diperpanjang lagi hingga Juni 2016. Kerja sama ini punya multiplier impact buat banyak pihak. Untuk Garuda Indonesia, tentu ini semakin memperkuat posisinya sebagai global player.
Awareness dunia tentang Garuda Indonesia juga meningkat. Untuk Liverpool, ini bukan kerja sama dengan nilai main-main. Tentunya untuk bangsa Indonesia sendiri, ini tentu menambah kepercayaan diri kita untuk bersaing lebih global. Caranya menjual diri ke dunia ini membuat pelanggan lebih percaya untuk merekomendasikannya.
Salah satu langkah baru Garuda Indonesia juga dengan menggaet komunitas dari pelanggan loyalnya. Misalnya “Garuda Indonesia Bike Tour”, di mana Garuda Indonesia menyasar komunitas pesepeda untuk berkeliling sambil menikmati pariwisata setempat. Ada lagi “Garuda Indonesia Golf Loyalty Tournament” yang mengundang pelanggan loyalnya untuk mengikuti ajang turnamen di 10 kota, kemudian finalis akan dikirim ke Beijing. Langkah ini menarik, kekuatan komunitas dikutsertakan hingga tentu menghasilkan rekomendasi. Unik memang. Garuda Indonesia memberikan pelayanan lebih dari biasanya, sungguh konsisten sebagai full service airlines.
Dari pengalaman yang ada, Garuda Indonesia telah dengan baik mengubah basis kekuatan pelanggannya untuk kemudian menjadi agen rekomendasi. Jika ini bisa dipertahankan terus dengan pengalaman WOW lainnya, maka bukan tidak mungkin Garuda Indonesia bisa jadi “5-Star Airline Ranking” atau “World’s Best Carrier 2015”