Hikmah Siang: Pengadilan Allah Itu Pasti

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id- Peringatan Allah itu jelas. Jangan mengira orang menyatakan beriman lalu tidak diuji lagi dan semuanya akan dimintai pertanggungjawaban. Rasulullah mengatakan:

عن أَبي هريرة رضي الله عنه: أن رَسُول الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: ((لَتُؤَدُّنَّ الحُقُوقَ إِلَى أهْلِهَا يَومَ القِيَامَةِ، حَتَّى يُقَادَ للشَّاةِ الجَلْحَاءِ مِنَ الشَّاةِ القَرْنَاءِ)). رواه مسلم.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari Abu Ghurairota rodhiAllahu anhu, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda:

“Sungguh-sungguh hak-hak (yang belum ditunaikan di dunia) itu akan ditunaikan kepada pemiliknya masing-masing pada hari kiamat. Bahkan akan ditunaikan qishash (balasan) untuk kambing tidak bertanduk (yang dizholimi/diserang) oleh kambing bertanduk.”[HR Muslim (2582) dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu]

Pelajaran yang terdapat di dalam hadits:

1- Hadis ini dengan jelas menerangkan bahwa semua binatang pada hari kiamat nanti akan dikumpulkan di padang mahsyar dan dikembalikan tubuh dan ruhnya sebagaimana waktu hidupnya di dunia. Jadi sama halnya dengan manusia, baik yang sudah mukalaf, yang masih kanak-kanak, begitu pula yang gila.

2- Allah memutuskan perkara di antara mereka dengan hukum-Nya yang Maha-adil yang tidak aniaya, sehingga kambing yang tidak bertanduk disuruh membalas terhadap kambing yang bertanduk yang dahulu sewaktu di dunia pernah menanduknya. Apabila peradilan telah dilakukan terhadap mereka, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada mereka, “Jadilah kamu tanah!” Maka semuanya kembali menjadi tanah.

3- Dan saat itulah orang kafir berkata, sebagaimana yang disitir oleh firman-Nya: Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah. (An-Naba: 40)
Yaitu menjadi hewan, lalu dikembalikan menjadi tanah.

4- Kehidupan terus berjalan, dalam kemudahan dan kesulitan, memperoleh haknya ataupun terhalangi dari haknya, kehidupan tetaplah berjalan meskipun hak-hak seorang hamba tidak terpenuhi. Nanti di sisi Allah orang-orang yang bersengketa akan berkumpul, maka Allah akan memberikan orang yang terzolimi haknya dari orang yang menzoliminya dan melalaikan haknya.
5- Berkata Faishal Al Huraimili An Najdi rahimahullah

وفيه: تنبيه على أنَّ المظلوم يقتص من ظالمه يوم القيامة، ويؤخذ له حقه.

Di dalam hadits ini terdapat peringatan bahwa seorang yang dizhalimi akan mengadili seorang yang menzhaliminya pada hari kiamat, dan diambil untuknya haknya.” Lihat kitab Tahriz Riyadh Ash Shalihin, hal: 164. (Asy Syamela)
6- Wahai saudaraku Jagalah diri kita untuk tidak berbuat dhalim kepada sesama, kalau kita berbuat dhalim maka segera memohon maaf atau kehalalannya sebab dosa yang terjadi antara sesama hanya akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala bila orang yang didholimi memaafkan kita.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al Qur’an:

1- Tahukah anda bahwa hewan pun akan dibangkitkan dan dikumpulkan oleh Allah di padang mahsyar kelak? Jadi, bukan hanya jin dan manusia saja yang akan dibangkitkan oleh Allah di sana.

وَإِذَا الْوُحُوشُ حُشِرَتْ

“dan ketika binatang-binatang liar dikumpulkan.”[QS At Takwir: 5]

2- Tiada seorang pun yang dapat menolong mereka dari azab dan pembalasan Allah yang ditimpakan kepada mereka.

وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ نَصِيرٍ

Dan bagi orang-orang yang zalim sekali-kali tidak ada seorang penolong pun. (Al-Hajj: 71).Lr

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *