Kemlu RI Sebut China Sudah Dengarkan Kepedulian soal Muslim Uighur

Plt Juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah. (Detik Foto)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id –  Plt Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia,  Teuku Faizasyah menyebut pemerintah China sudah mendengarkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap muslim Uighur di Xinjiang.

Teuku juga menyebut China telah memberikan penjelasan terkait kondisi muslim Uighur. “RRT (pemerintah China) mendengarkan penyampaian kepedulian Indonesia. Salah satu responsnya adalah dengan memberikan penjelasan atas perkembangan atau kondisi di Xinjiang termasuk kegiatan ibadah umat muslim di RRT pada umumnya,” kata Faizasyah kepada wartawan, Rabu malam (25/12/2019).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Faizasyah, Indonesia dalam beberapa kali kesempatan telah membahas isu kekebasan beragama di China. Dia menegaskan, kebebasan beragama adalah hak setiap individu yang harus dihormati.

“Terkait isu Xinjiang, Indonesia dalam beberapa kesempatan membahas isu ini dengan pihak RRT, termasuk isu kebebasan beragama. Kebebasan beragama adalah salah satu hak paling mendasar yang harus dihormati oleh semua pihak,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut pemerintah Indonesia tidak akan ikut campur terkait muslim Uighur. Moeldoko menegaskan bahwa setiap negara memiliki kedaulatan untuk mengatur warganya.

Komisi I DPR RI sepakat dengan langkah pemerintah untuk tidak ikut campur urusan dalam negeri China terkait muslim Uighur. Namun DPR meminta pemerintah untuk menyatakan sikap agar China memberikan kebebasan beragama terhadap warga negaranya.

“Menurut saya harus ada pernyataan sikap. Ya sikap itu bisa saja mengimbau jangan dilakukan, berikan kebebasan untuk menjalankan agama bagi muslim yang ada di Uighur. Ada keberpihakan terhadap penindasan pada muslim Uighur,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari kepada wartawan, Rabu malam (25/12/2019). (rah/detik)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *