Doa Menghindari Wabah Virus Corona

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



­Jakarta, hajinews.id,- Wabah virus corona di Wuhan, China mengakibatkan 17 orang tewas dan ratusan lainnya terinfeksi. Virus corona yang diduga berasal dari kelelawar atau ular ini penyebarannya begitu pesat lewat udara dan sentuhan langsung dengan orang yang terinfeksi.

Pemerintah China sendiri memutuskan untuk mengisolasi sejumlah kota agar wabah tidak meluas. Kendati demikian, virus corona diduga telah sampai ke sejumlah negara seperti Thailand, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Inggris, dan Amerika.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sementara itu Pemerintah Indonesia melarang sementara maskapai nasional maupun asing untuk terbang dari dan menuju Kota Wuhan, China. Hal ini sebagai ikhtiar mencegah masuknya wabah virus corona ke Tanah Air.

Meski begitu setiap insan tentu harus juga aktif dalam mengantisipasi virus korona tersebut. Beberapa di antara ikhtiar itu yakni dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta tak lupa berdoa.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan, ada banyak doa yang dapat dibaca untuk menghindari penularan wabah penyakit. Contohnya sebagai berikut:

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ،

عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya: “Ya Allah! Angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum Muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang.”

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya menuturkan, musibah seperti datangnya penyakit korona sudah menjadi kehendak Allah SWT. Namun sebagai seorang Muslim yang baik harus percaya bahwa semua itu adalah ujian.

“Sebagai seorang Muslim meyakini bahwa musibah itu adalah bentuk ujian yang diberikan kepada kita. Sehingga jika kita bersabar dalam menghadapi musibah tersebut, dia (Allah SWT) akan mengangkat derajat kita,” katanya (Okezone, 24/1/2020).

Asroni melanjutkan, namun bukan berarti pola hidup sehat diabaikan begitu saja. Sebab Islam mengajarkan, hidup sehat dan bersih itu sangatlah dianjurkan supaya tidak terserang penyakit menular seperti wabah virus Korona.

Selain itu supaya terhindar dari penyakit, juga harus diiringi dengan doa. Seperti yang diajarkan Rasulullah SAW bersabda,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُوْنِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الْأَسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.”(HR. Abu Dawud 1554).

(sumber: okezone).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *