Berakal yang Bijak

Foto: Youtube
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh

Luthfi Bashori

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

 

Orang bijak berkata, “Orang berakal yang berbuat benar ialah siapa yang mengenal Allah SWT dan mentaati-Nya, mengenal setan lalu menentangnya, mengenal kebenaran lalu mengikutinya, mengenal kebatilan lalu menghindarinya, mengenal dunia lalu menolaknya, dan mengenal akhirat lalu mencarinya. Orang berakal yang berbuat benar ialah siapa yang meninggalkan dunia sebelum dunia meninggalkannya, membangun kuburan sebelum memasukinya, dan membuat Penciptanya ridha sebelum berjumpa dengan-Nya.”

Orang bijak adalah orang yang apabila menyebut Allah, ia merasa bangga. Apabila menyebut dirinya sendiri, ia merasa hina. Apabila merenungkan tanda-tanda kebesaran Allah, ia mengambil pelajaran. Jika hendak melakukan maksiat atau melampiaskan syahwat, ia cepat berhenti. Di saat mengingat dosa-dosanya, ia mohon ampunan dan apabila teringat ampunan Allah, ia merasa gembira.

Tentunya ada bermacam-macam sifat manusia yang berada di atas bumi, baik dalam kehidupan secara individu maupun dalam bermasyarakat, demikian juga dengan kehidupan secara religi setiap insan.

Ada di antara mereka yang lebih mengedepankan kepentingan duniawi, namun tak jarang terdapat orang-orang yang lebih mengutamakan persiapan mencari kebahagian hidup di akhirat nanti.

Maka berbahagialah mereka yang selalu mendahulukan kehidupan religiusnya, dibanding orang-orang yang dalam pertimbangan hidupnya, hanyalah demi meraih kenikmatan duniawi semata.

Mencari kebahagian hidup di dunia itu tidak dilarang oleh agama, namun tenggelam dalam kehidupan duniawi hingga melupakan persiapan yang dapat menopang hidup bahagia di akhirat, adalah kebodohan semata, karena kehidupan di dunia itu sifatnya hanya sementara, sedangkan kehidupan di sisi Allah kelak akan menjadi lestari selama-lamanya. (*)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *