Belanda dan Nigeria Laporkan Kasus Pertama Corona

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Amsterdam, hajinews.id – Seorang pasien di Belanda didiagnosis positif virus corona. Ini adalah  kasus pertama corona yang muncul di negara tersebut.

Institut Nasional Belanda untuk Kesehatan Masyarakat melalui pernyataan menyebutkan, pasien di Kota Tilburg, Belanda selatan, baru saja bepergian ke Italia utara dan kini sedang dalam perawatan isolasi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebanyak 17 orang meninggal di Italia dan 650 orang lainnya terinfeksi virus corona, dalam wabah terbesar COVID-19 di Eropa.

“Agar penyakit tersebut tidak menyebar lebih luas di Belanda, (otoritas kesehatan masyarakat) … bakal melacak siapa saja yang memiliki kontak dengan pasien tertular itu,” kata institut itu, yang biasa disingkat RIVM.

Perdana Menteri Mark Rutte di Twitter mencuit bahwa dirinya berharap seseorang yang terinfeksi itu akan sembuh dan meminta masyarakat agar mengikuti instruksi otoritas medis.

“Saya sedang berkoordinasi erat dengan (Menteri Perawatan Medis) Bruno Bruins tentang semua upaya yang sedang dirembukkan guna mempersiapkan negara menghadapi keadaan ini,” kata Rutte.

Sementara itu, pemerintah Nigeria melaporkan kasus pertama penyebaran jenis baru virus corona atau COVID-19. Hal ini disampaikan Kementerian Kesehatan setempat melalui akun resmi media sosial Twitter.

Kementerian Kesehatan menerangkan pasien pertama COVID-19 di Nigeria berada di Lagos, kota dagang di wilayah barat daya. Lagos merupakan kota terbesar di Nigeria dengan jumlah penduduk mencapai 20 juta jiwa.

“Kasus ini, merupakan kasus pertama yang dilaporkan di Nigeria sejak wabah (COVID-19) pertama kali menyebar di China,” kata pihak kementerian. Kasus itu terkonfirmasi pada Kamis (27/2/2020).

Sampai saat ini, juru bicara kepresidenan belum memberikan tanggapan soal pengumuman Kementerian Kesehatan itu.

Harapan wabah COVID-19 akan tertahan di China pupus, mengingat hingga Jumat virus telah menyebar ke sekitar 40 negara di luar Negeri Tirai Bambu. Negara-negara yang terdampak saat ini meningkatkan persediaan alat kesehatan, sementara para investor mulai mengantisipasi adanya resesi ekonomi dunia. (wh/ant/rtr)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *