Ustadz Somad Milyader Keren, Ini Tanggapan Tim UAS

UAS dan toko bukunya
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id,- Belum lama ini media membongkar dari mana sumber keuangan Ustadz Abdul Somad untuk dakwah, setelah keluar dari PNS di Universitas Syarif Kasim Riau dan fokus berdakwah ke berbagai daerah dan disiarkan melalui media sosial.

Disebutkan ada tiga sumber bisnis penopang dakwah ustadz, yakni dari toko buku/kitab, pakaian, dan yang ketiga adalah iklan dari Youtube yang dikelolanya (Banjarmasin.tribunnews.com).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews,id  mencoba menghitung dari sejumlah akun di Youtube sampai 28/3/2020, yang selama ini menurut Nazier Milioner disebut bekerjasama dengan pihak UAS. Antara lain Tamansurga.net, Tafaqquh Video, dan Ustadz Abdul Somad Official, UAS termasuk “raja” Youtuber di kalangan dai. Subscribernya (pengunjungnya) mencapai 1,9 juta orang di Tamansurga.net, dan 11 juta subscriber di Tafaqquh Video dan 658 ribu subscriber di Ustadz Abdul Somad Official.

Setiap orang bisa melirik dan menghitung berapa penghasilan UAS dari akun Youtube dengan mengklik socialblade.com, lalu menulis nama akun Ustadz Abdul Somad, maka akan terbuka semua datanya sekaligus berapa pendapatan iklan yang diterimanya tiap bulan. Hitungannya sangat rinci, berapa orang yang melihat dan berapa pembayaran dolar perharinya.

Dari tiga akun Ustadz Abdul Somad, total angka pendapatan dari iklan Youtube diperkirakan mencapai Rp888 juta perbulan atau Rp11 milyar pertahun.

Jumlah penghasilan ini memang masih jauh dari akun Atta Halilintar sebagai Youtuber number one di Asia di bidang entertainment, dengan subscriber mencapai 21 juta subcriber, dan viewernya mencapai 2,7 milyar. Estimasi penghasilan akun Atta Halilintas mencapai 6 milyar perbulan atau 76 milyar pertahun. Ini dari satu akun hiburan.

Seorang Youtuber bernama Nazier Milionare yang menyebut tiga akun UAS berpesan jika anda mengklik video UAS di Youtube dan kebetulan ada iklan, janganlah diskip karena itu boleh jadi merupakan dukungan terhadap ustadz-ustadz kita. Kalau perlu sesekali diklik saja siapa tahu menjadi sedekah buat dakwah UAS,” kata Nazier Milionare dalam akun Youtubenya.

Rincian data akun Ustadz Abdul Somad (socialblade.com).

TANGGAPAN SAHABAT UAS

Faiz Sumarno yang menyatakan sebagai Tim Sahabat UAS di Jakarta mengatakan jumlah angka penghasilan iklan dari Youtube itu tidak benar. “Ustadz Abdul Somad tidak punya akun Tamansurga.net dan juga tidak mengelola akun Tafaqquh Video,” kata Faiz melalui telepon kepada Syaefurrahman dari Hajinews yang juga meminta maaf atas kekeliruan ini.

Faiz Sumaeno meluruskan bahwa saat ini hanya akun Ustadz Abdul Somad Official yang dikelola oleh tim UAS. Faiz Sumarno mengatakan bahwa akun Tafaqquh Video sudah tidak lagi dikelola oleh tim UAS atau tepatnya bukan milik UAS sejak pertengahan 2019. Dengan demikian tinggal akun Ustadz Abdul Somad Official saja yang menjadi milik UAS.

Faiz Sumarno tidak mengetahui berapa bayaran iklan yang diterima dari Youtube karena hal itu merupakan urusan pribadi UAS.  Yang jelas ia hanya ingin meluruskan bahwa UAS hanya memiliki akun Ustadz Abdul Somad Official di Youtube dan tidak menerima bayaran iklan seperti diberitakan media ini di atas. “Beliau hanya murni dakwah,” kata Faiz.

Menurut socialblade.com, sampai kemarin akun Ustadz Abdul Somad Official subscribernya sudah di angka 658 ribu, namun hari ini (30/3/2020) sudah di angka 662 ribu subcriber. Yang nonton video sudah di angka 25,4 juta. Estimasi pendapatan bulanan berkisar antara 1,4 ribu dolar AS  sampai 21,9 ribu dolar AS. Sedangkan estimasi pendapatan pertahun berkisar antara 16,5 ribu dolar AS hingga 263,3 ribu dolar AS. Tapi perlu ditegaskan bahwa ini hanyalah estimasi menurut socialblade.com. (fur).

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *