Luhut: Jangan Pandang Negatif dan Masalahkan Pekerja China

Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto/Dok. Sindonews)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta masyarakat Indonesia tidak berpandangan negatif atau buruk terhadap para pekerja asal China di Tanah Air.

“Apa semua China itu brengsek? Orang kita juga ada yang brengsek kok, semua orang brengsek kalau tidak pegang nilai-nilai dan norma,” kata Luhut di Jakarta, seperti dikutip dari sindonews, Rabu (15/4/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Luhut mengatakan bahwa ratusan ribu orang Indonesia juga bekerja mencari nafkah di luar negeri. Namun, kehadiran pekerja asal Indonesia itu tidak pernah dipermasalahkan di tempat negara mereka bekerja. “Kita ini lupa lho, TKI kita yang pulang dari Malaysia 505.000 orang, kenapa Malaysia tidak ribut? Terus ABK 16.000 dari Taiwan juga, karena tidak ada kerjaan, mau Lebaran juga mereka pulang,” ujar Luhut.

Selanjutnya Luhut mengatakan, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang bekerja sama dengan China saat ini terpaksa ditunda pengerjaannya karena para pekerja China yang ingin kembali Indonesia terkendala masalah wabah Corona.

Menurut Luhut, penyelesaian proyek yang dikerjakan oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) itu bakal molor dari target awal yakni akhir tahun 2021 mendatang. “(Target) Kereta api cepat Jakarta-Bandung itu perlu di-reschedule karena kan itu berhenti (pengerjaan proyeknya) sekarang. Enggak banyak kegiatan, pastilah tertunda,” ucap Luhut.

Adapun terkait kerugian biayanya akibat penundaan pelaksanaan proyek masih masa perhitungan. Sebab, kataLuhut, pemerintah saat ini fokus terhadap penyelesaian serta pencegahan Covid-19. “Over all cost-nya masih kami hitung akibat dari tertundanya proyek ini,” terang Luhut. (rah/berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *