Hikmah Siang: Amalkan Ini, Insya Allah Hutang Lunas

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Bisnis semakin terpuruk, hutang di bank menumpuk, aset ludes, keluarga kacau balau tidak terurus, belum lagi cibiran tetangga yang memandang saya dan keluarga dengan tatapan hina.

Bingung, tak tahu harus berbuat apa lagi? Mau lari kemana? Curhat ke siapa? Mau minta bantuan saudara, teman dan tetangga apa malah gak makin terhina? Sulit rasanya, menemukan teman yang mau membantu saya keluar dari jeratan hutang ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sempat terlintas untuk mengakhiri hidup. Tapi saya tahu, ada keluarga yang nantinya akan lebih tersiksa dan semakin dipandang hina jika saya memilih jalan tersebut. Lantas, apa yang harus saya perbuat supaya jeratan hutang ini bisa segera terlepas? Adakah amalan pelunas hutang, yang bisa meringankan beban saya?

Satu jawabannya, kembali mencari jalan pulang. Jangan dulu mencari solusi, tapi carilah Allah terlebih dahulu. Dia yang menciptakan, termasuk masalah hutang yang kini sedang melilit Anda. Hanya Allah yang bisa memberikan semua solusinya untuk Anda. Caranya?

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’. (Al-Baqarah: 45). Itu jawabanya, bersabar dan shalat.

Amalan Pelunas Hutang

Amalan pelunas hutang yang pertama adalah sabar. Terima dengan ikhlas, pasrahkan semuanya. Karena yang sudah terjadi, tidak akan pernah bisa kembali. Anda harus yakin, dapat melalui setiap episode yang telah diatur oleh-Nya.

Meski, Anda harus menerima keadaan yang amat sangat perih. Harus rela kehilangan harta dan aset-aset penting lainnya. Tapi episode ini harus Anda lalui. Dan yakinlah, skenario terbaik dari Allah sedang menanti Anda, di episode kehidupan selanjutnya. Bukan kah, Dia telah berjanji:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al Insyirah: 5)

Itulah janji Allah, bahwa di balik setiap kesulitan itu, pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Kuncinya adalah sabar, dan terus berusaha.

Dan amalan yang kedua adalah shalat. Inilah pintu gerbang kita untuk bisa berkomunikasi dengan Allah. Shalat yang bukan asal shalat, tapi yang bisa mendatangkan pertolongan Allah.

Shalatlah dengan khusyu. Lupakan semua tagihan, ketukan pintu penagih hutang, caci maki dan suara ketus yang bikin teling Anda meradang. Bertaubatlah, minta ampun untuk seluruh kerakusan yang sempat Anda kejar sebelumnya.

Jadi yang dicari adalah Allah, bukan solusi. Ketika ampunan-Nya turun, maka solusi hadir sendiri. Satu per satu keajaiban akan datang, dari jalan yang tidak terduga (Min haitsu layah tasib).

Cara Melunasi Hutang Riba

Ada tiga cara untuk melunasi hutang riba, tapi kunci utamanya adalah menutup semua pintu hutang. Berjanji dengan sungguh-sungguh tidak akan membuka akad riba lagi, dan menyelesaikan dengan terhormat pintu utang dan riba yang sudah terlanjur terjadi.

Pertama, Amputasi

Riba itu ibaratkan penyakit, yang bisa menggerogoti Anda. Jika dibiarkan egitu saja, maka Anda akan dengan mudah termakan oleh tipu dayanya. Itulah kenapa, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memutus semua aliran riba.

Caranya bisa dengan menjual semua aset yang masih ada sangkutan hutang. Jangan takut dan perhitungan untung rugi. Niatkan dengan sungguh-sungguh, bahwa Anda benar-benar ingin segera hijrah ke jalan yang lebih diridhoi oleh Allah. Memulai dan membuka lembaran baru, tanpa hutang dan hidup dalam keberkahan.

Kedua, Rawat Inap

Nah, jika menjual aset terlalu berat. Anda bisa mempertahankan aset tersebut, dengan catatan tidak akan mengulanginya kembali. Tancapkan visi hidup bebas dari hutang pada diri Anda. Menunda semua kesenangan, naikan pendapatan, dan fokus melunasi hutang.

Ingat, hutang riba itu adalah dosa besar. Niatkan sungguh-sungguh berjuang lunas lebih cepat.

Rawat Jalan

Jika Anda mampu memperkirakan dan menjamin bahwa hutang riba tersebut akan lunas sebelum jatuh tempo, sesuai jadwal pelunasan, maka diperbolehkan untuk merawatnya.

Itu da cara melunasi hutang riba, mana yang akan Anda pilih? Amputasi, rawat inap, atau rawat jalan? Kembali lagi pada kemampuan diri Anda, untuk segera melunasi hutang tersebut.

Dan satu hal lagi, mulailah untuk mempelajari bagaimana cara memulai bisnis tanpa riba. Ada satu buku yang cukup menarik, dan sayang jika Anda melewatkannya. Adalah buku Mencari Jalan Pulang, berisi kisah-kisah inspiratif yang siap menggetarkan hati Anda.

Simak perjuangan mereka melawan jeratan hutang riba, mulai dari puluhan hingga ratusan juta, sampai akhirnya sukses membangun dan menata bisnisnya kembali. Pastikan Anda membaca buku ini, agar tidak terjerumus pada lubang yang sama.

Selamat memilih! Semoga jadi panduan untuk menentukan langkahmu selanjutnya. Klik gambar dibawah, untuk mendapatkan buku Mencari Jalan Pulang. Dapatkan penawaran harga terbaiknya, khusus untuk Anda. Jangan lupa klik gambarnya!

(sumber: bilionare)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *