Hikmah Malam: Sedikit Amal Tapi Masuk Surga, Kok Bisa?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id- Ketika Ramadan datang orang berlomba memperbanyak amal agar mencapai derajat taqwa dan hadiahnya adalah surga. Tapi kalau mempelajari kisah Nabi, ternyata ada orang yang sedikit amal namun bisa masuk surga.

Kok bisa? Bisa, ada dua hal yang mesti ia perhatikan. Yang pertama karena memperhatikan yang wajib, dan yang kedua karena tidak punya rasa dendam dan hasad (cemburu) pada orang lain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Maka siapa saja yang mencukupkan diri dengan amalan wajib atas dasar iman yang benar dan mengharap pahala dari Allah, maka ia akan selamat dan masuk surga walau tidak melakukan yang sunnah. Apalagi jika amalan sunnah diperhatikan lebih menyelamatkan dirinya.

Begitu juga akhlak yang mulia akan mengantarkan pada surga dengan mudah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ الْجَنَّةَ فَقَالَ « تَقْوَى اللَّهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ ». وَسُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ فَقَالَ « الْفَمُ وَالْفَرْجُ »

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai perkara yang banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan berakhlak yang baik.” Beliau ditanya pula mengenai perkara yang banyak memasukkan orang dalam neraka, jawab beliau, “Perkara yang disebabkan karena mulut dan kemaluan.” (HR. Tirmidzi, no. 2004 dan Ibnu Majah, no. 4246. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Semoga Allah memberikan taufik dan hidayah pada kita untuk berakhlak mulia dan menjalankan kewajiban dengan iman yang benar.

Wallahu a’lam bissawab.

(sumber: rumaisho.com/fb/fur).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *