Renungan Ramadhan: Perbaiki Istighfarmu untuk Membuka Rezeki

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID- Istighfar atau Astaghfirullah al-‘Adzim merupakan salah satu kalimat istimewa yang memiliki keutamaan serta manfaat bagi yang terus melafalkannya.

Kalimat istighfar berdasarkan Hadis Riwayat Muslim Nomor 591 adalah “Astaghfirullah… Astaghfirullah” yang artinya “Aku memohon ampun kepada Allah. Aku memohon ampun kepada Allah.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Di saat kita Beristighfar maka harus benar benar memahami dan menghayati makna dari istighfar tersebut,  bukan hanya di lisan saja tapi harus seimbang antara ucapan,  hari dan perbuatan mohon taubat tersebut.

Saat istighfar kita harus:

✔Mengakui atas perbuatan dosa yang telah dilakukan

✔Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan

✔Mengganti dengan yang baik atas perbuatan yang terdahulu pernah dilakukan

Saat istighfar jangan hanya mengejar jumlahnya atau kuantitasnya,  tapi yg paling penting kualitas cara beristighfar yang benar.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam QS Annisa 17.dan 18, kita disuruh untuk bertaubat. Kemudian tafsir Surat An-Nisa, ayat 17-18. Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Selanjutnya Firman Allah Subhanahu wa ta’ala QS Azzariyat 17 dan 18  waktu paling afdhol untuk taubat (istighfar):

“Orang-orang yang berbuat baik itu, dulu saat di dunia mereka hanya sedikit tidur di malam hari, mereka salat beribadah kepada Tuhan mereka, dan di akhir malam menjelang shubuh, mereka meminta ampunan kepada Allah dari dosa-dosa mereka.”

Keutamaan dan Manfaat Istighfar

Membuka Rezeki

Mengamalkan kalimat istighfar dapat membuka pintu rezeki seseorang. Allah Subhanahu wa ta’ala,  berfirman dalam Al-Quran Surat Nuh (10-12) yang artinya:

“Maka aku katakan kepada mereka ‘mohon ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

Menjadi orang yang beruntung

Aisyah pernah berkata, “Beruntunglah, orang-orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka.” (HR. Bukhari).

Allah berfirman dalam Alquran, “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah SWT, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31).

Taubat

Istighfar kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, lainnya adalah menggugurkan dosa dalam taubat. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam Hadist Riwayat Bukhari nomor 6307 yang artinya:

“Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.”

Dimudahkan Urusannya

Istighfar juga dijanjikan Allah Subhanahu wa ta’ala, dapat memberikan jalan keluar dari segala masalah hidup yang terjadi. Kalimat istighfar pun bisa menambah rezeki seseorang.

Dalam Hadist Riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

Wallahu a’lam bish-shawab.

Semoga Allah selalu memberikan petunjuknya bagi kita semua.

Oleh: Ustadz Zuhri Nain (Gus Amet)

Anaz Almansour

(sumber: gwa/fur)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *