Kapankah Waktu Yang Terbaik Untuk Salat Taubat Nasuha, Siang Atau Malam Hari? Baca Ulasannya disini

Waktu Yang Terbaik Untuk Salat Taubat Nasuha
Waktu Yang Terbaik Untuk Salat Taubat Nasuha


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSetiap umat Islam diperintahkan untuk segera bertaubat jika telah melakukan kesalahan. Padahal, dalam Islam, seseorang dianjurkan untuk berdoa memohon ampun setiap hari, sebagai wujud taubat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Seseorang tidak bisa menghindari kesalahan besar dan kecil. Oleh karena itu, setiap hari seseorang dianjurkan untuk bertaubat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam Qs. At-Tahrim 66:8 , Allah SWT berfirman :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ (٨)

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mumin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”(Qs. At-Tahrim 66:8)

Dalam sebuah hadis riwayat Imam At-Tirmidzi dari Abu Bakar As-Shiddiq, berkata:

سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ قَرَأَهَذِهِ الْآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِم وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اللهُ

“Tidaklah seseorang melakukan perbuatan dosa, kemudian ia berdiri bersuci dan Salat, lalu ia meminta ampun kepada Allah kecuali Allah pasti akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini:“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa mereka kecuali Allah.”

Meski tak berbeda dari Salat-Salat sunnah lainnya, dalam kasus-kasus tertentu, Salat taubat juga dilakukan ketika seseorang hendak taubat nasuha. Misalnya, ketika muncul komitmen untuk menyudahi maksiat yang selalu dilakukan dan memohon ampunan.

Salat sunnah taubat mengawali prosesi taubat nasuha tersebut.

Pertanyaannya kemudian, kapan waktu Salat taubat, siang atau malam hari?

Waktu Salat Taubat

Melansir Laduni.id, Syaikh al-Nawawi Al-Bantani menjelaskan dalam kitabnya Nihayatus Zain, bahwa seseorang wajib segera bertaubat sesaat setelah dia melakukan dosa walaupun dosa kecil.

Apabila dia menunda bertaubat, maka dia berdosa karena penundaan taubatnya tersebut. Salah satu wasa’il atau sarana dan perantara bertaubat adalah dengan melakukan Salat taubat terlebih dahulu.

Salat taubat boleh dilakukan kapan saja, baik malam maupun siang, kecuali di waktu-waktu yang diharamkan.

Namun begitu, bebarapa ulama mengatakan bahwa waktu paling utama untuk melaksanakan Salat taubat adalah pada 2/3 malam.

Tata Cara Salat Taubat Lengkap

Tahap Ke-1: Niat Shalat Sunnah Taubat

Niat menjadi kunci yang sangat penting karena akan mempengaruhi kekusyukan dalam shalat. Niat diucapkan di dalam hati dan dilakukan bersamaan dengan takbiratul ihram yaitu pada waktu mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke kiblat dan sejajar dengan telinga. Bila tidak memiliki udzur, maka harus berdiri tegak

Adapun niat salat SunnahTaubat sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَي

“Ushalli sunnatat taubati rok’ataini lillahi ta’ala”

Artinya :

“Saya niat Salat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Tahap Ke-2: Membaca takbiratul Ihram

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *