Perhatikan, Ini Cara Terbaik Berdoa yang Sering Diabaikan

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID-Cara terbaik untuk berdoa kepada Allah adalah dengan mengungkapkan kesusahan Anda, dan cara tercepat untuk mendapatkan karunia-Nya adalah dengan mengungkapkan kerendahan hati dan kebutuhan Anda.

Kata kebijaksanaan yang dibahas adalah tentang doa (permohonan). Ini bukan tentang etiket permohonan, tetapi tentang kondisi hati selama permohonan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Allah bertanya kepada orang-orang kafir tentang pengalaman mereka sendiri:

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).” (QS An Naml: 72)

Dalam ayat ini Allah menjelaskan kepada orang-orang kafir bahwa ketika mereka dengan tulus meminta bantuan kepada Allah pada saat kesusahan, Dia menjawab mereka. Jika ini adalah kasus dengan orang-orang kafir dalam kesusahan, bagaimana jika seorang beriman berada dalam kesusahan dan meminta bantuan Allah?

Karena itu, doa mereka dijawab dengan cepat. Sheikh mengatakan: “Cara terbaik untuk memohon kepada-Nya adalah melalui kesusahan Anda.”

Jika Anda berada dalam kesulitan dan meminta kepada Allah dengan tulus, sambil merasakan kebutuhan akan bantuan-Nya setelah cara-cara lainnya ternyata mengecewakan Anda, maka yakinlah Allah akan menjawab permohonan Anda.

Ini berlaku tidak hanya untuk meminta kepada Allah untuk bantuan duniawi tetapi juga untuk bantuan terkait masalah keimanan. Cara terbaik untuk meminta Dia membimbing Anda juga adalah melalui kesusahan, kebutuhan, kerendahan hati, dan harapan dalam belas kasihan-Nya. Ini diilustrasikan dengan aik dalam doa Nabi ketika Beliau dalam kesulitan.

Dalam perang Badar, Nabi berbalik ke arah kiblat (arah sholat), mengangkat tangannya dan memulai permohonannya kepada Allah. Dalam riwayat Muslim dari sahabat Umar ibn Khathab, doa Nabi tersebut adalah sebagai berikut:

اللهُمَّ أَنْجِزْ لِي مَا وَعَدْتَنِي، اللهُمَّ آتِ مَا وَعَدْتَنِي، اللهُمَّ إِنْ تُهْلِكْ هَذِهِ الْعِصَابَةَ مِنْ أَهْلِ الْإِسْلَامِ لَا تُعْبَدْ فِي الْأَرْضِ

“Ya Allah, penuhilah apa yang Kaujanjikan kepadaku. Ya Allah, berikanlah apa yang Kaujanjikan kepadaku. Ya Allah, jika Kaubinasakan kelompok Islam ini, Engkau takkan lagi disembah di bumi.” (HR Muslim).

Ini adalah permohonan dari seseorang yang sedang kesusahan, dan itu adalah permohonan yang dijawab dengan cepat.

Kemudian Sheikh menjelaskan petunjuk berguna lainnya untuk permohonan. Dia mengatakan: “Dan cara tercepat untuk mendapatkan sifat baik adalah dengan mengekspresikan kerendahan hati dan kebutuhan Anda.”

Beberapa ulama mengomentari QS At-Taubah 9: 60 tentang amal (zakat) yang diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Jika seorang manusia memberikan amal kepada orang miskin yang membutuhkan, bagaimana jika orang miskin menunjukkan kebutuhannya kepada Allah? Tentunya Allah akan memberinya dari karunia-Nya, bahkan lebih dari apa yang diberikan manusia lain kepadanya.

Menurut tradisi kenabian yang kita tahu, orang yang melakukan permohonan harus menghadapi kiblat (arah salat), menengadahkan tangannya sambil berdoa kepada Allah, dan memulai permohonan dengan memuji Allah dan memohon perdamaian dan berkah bagi Nabi SAW.

Juga dianjurkan untuk memohon perdamaian dan berkah bagi Nabi di tengah dan di akhir permohonan. Ini adalah tindakan permohonan yang nyata. Namun, yang lebih penting adalah kondisi hati ketika berdoa kepada Allah. Inilah hal yang sering diabaikan dari sunnah Nabi tentang adab berdoa.

Nabi SAW melafalkan doa-doa tertentu pada situasi tertentu, seperti bangun di pagi hari, pergi tidur, mengenakan pakaiannya, melepas pakaiannya, melihat ke cermin, mencuci dirinya sendiri, tidur, melihat bulan baru, di malam hari, di pagi hari, pergi keluar, kembali ke rumah, dan sebagainya.

Tidaklah cukup bahwa kita mengikuti Nabi SAW dengan menghafal dan mengucapkan permohonan ini. Kita harus mendapatkan semangat di balik disunnahkannya doa-doa tersebut, yakni semuanya harus terhubung dengan Allah di setiap saat.

Jika kita menelusuri sejarah doa, kita tidak akan menemukan siapa pun, bahkan para nabi sebelumnya, yang memiliki aliran permohonan terus-menerus ini, sebanyak Nabi Muhammad SAW. Jika kita mensurvei Mazmur, Taurat, dan Injil, kita tidak akan menemukan begitu banyak permohonan seperti yang kita temui ketika kita mensurvei kebiasaan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, ada hal yang sangat penting yakni permohonan Nabi Muhammad selalu disertai dengan emosi yang mendalam.

`Ataa ‘bertanya` kepada Aisyah, istri Nabi,  tentang peristiwa yang paling menakjubkan yang dia saksikan tentang Rasulullah. Aisyah menangis dan berkata:

“Apa yang tidak mengherankan tentang dia? Suatu malam dia datang dan tidur dengan saya. Kulit saya menyentuh kulitnya dan dia berkata, “Wahai putri Abu Bakar, lepaskan aku! Biarkan saya menyembah Tuhanku. “Saya berkata:” Saya suka bersama Anda, tetapi saya lebih suka melakukan apa yang Anda inginkan.”

Saya membiarkannya. Dia bangkit dan mengambil wudhu tanpa membuang-buang air. Kemudian dia mulai berdoa dan menangis. Dia menangis sangat banyak hingga air matanya mengalir deras ke dadanya. Kemudian dia membungkuk untuk ruku` dan menangis. Setelah itu, dia sujud dan tetap menangis. Lalu dia mengangkat kepalanya dan masih menangis.

Dia terus menangis sampai pagi. Ketika tiba waktunya untuk Sholat Subuh (Subuh), Bilal datang dan membacakan azan (panggilan untuk sholat). Dan kemudian saya berkata: “Wahai Rasulullah! Apa yang membuatmu menangis? Allah telah mengampuni dosa-dosa masa lalu dan masa depan Anda. “Dia berkata: “Bukankah aku harus menjadi hamba yang bersyukur kepada Allah? Apakah aku tidak mau bersyukur kepada-Nya?” (HR Al-Bukhari)

Doa dapat dijawab segera ataupun dijawab di saat akhir. Ketika Allah tidak segera menjawab doa-doa Anda, yakinlah bahwa Allah memilih yang terbaik untuk Anda. Dan pemberian Allah mungkin ada di dunia ini atau di dunia yang akan datang, dan pilihannya adalah miliknya. Tentu saja, pilihan-Nya jauh lebih baik dan lebih baik daripada pilihan kita. (islampos/fur)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *