Hikmah Pagi: Keistimewaan Membaca Surat Al-Ikhlas

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID,- Surat Al Ikhlas, adalah satu dari 114 surat dalam kitab suci Alquran yang merupakan mukijzat yang diterima Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT. Selain sebagai petunjuk hidup bagi umat manusia, Alquran juga merupakan obat hati bagi yang membaca dan mengamalkannya.

Al Ikhlas yang artinya Memurnikan Keesaan Allah SWT. Surat ini termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam kitab tafsir Ibnu Katsir sebagaimana dikutip dari quranpustaka, dari Jabir ra mengatakan bahwa pernah ada seorang Badui datang kepada Nabi Saw, lalu bertanya:

“Gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu.” Maka turunlah firman Allah Swt.: Katakanlah, “Dialah Allah Yang Maha Esa.”(Al-lkhlas: 1), hingga akhir surat. Sanad hadis ini mutaqarib (berdekatan).

Sebagian ulama menganjurkan umat Islam untuk membaca surat Al Ikhlas ini baik dalam setiap salat maupun untuk berzikir karena banyak memiliki keutamaan.

Berikut keutamaan Surat Al Ikhlas:

  1. Disayang Allah

Imam Bukhari mengatakan bahwa Aisyah r.a., bahwa Nabi Saw mengangkat seorang lelaki sebagai pemimpin suatu pasukan khusus untuk suatu tugas. Dan lelaki itu menjadi imam salat dari para sahabatnya dan ia selalu mengakhiri bacaan salatnya dengan surat Al-Ikhlas.

Setelah pasukan khusus itu pulang, mereka menceritakan hal itu kepada Nabi Saw., maka Nabi Saw. bersabda, “Tanyakanlah kepadanya, mengapa dia melakukan hal itu,” lalu mereka bertanya kepadanya, dan ia menjawab, “Karena di dalamnya disebutkan sifat Tuhan Yang Maha Pemurah, dan aku suka membacakannya dalam salatku.” Setelah hal itu disampaikan kepada Nabi Saw., maka beliau Saw.bersabda:

“Akhbiruuhu annallaha ta’ala yuhibbuhu”.

Artinya: Sampaikanlah kepadanya, bahwa Allah menyukainya.

Ulama muda KH Bahauddin Nursalim dalam kajiannya tentang Surat Al Ikhlas mengatakan, keutamaan orang yang membaca surat tersebut akan dicintai oleh Allah Ta’ala.

“Dulu ada sahabat Nabi SAW yang hampir tiap mengimami salat selalu membaca Al Ikhlas selepas baca Alkhamdu (Fatikhah). Lalu, para sahabat bertanya kepada Nabi. Kenapa si Fulan selalu baca Al Ikhlas. Nabi SAW berkata: Allah sangat menyukainya,” kata Gus Baha.

  1. Jalan Masuk Surga

Imam Turmuzi mengatakan bahwa Mubarak ibnu Fudalah telah meriwayatkan dari Sabit, dari Anas, bahwa pernah ada seorang lelaki berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku menyukai surat Qul Huwallahu Ahad (surat) Al-Ikhlas.” Maka Rasulullah Saw. bersabda: Kesukaanmu kepadanya dapat memasukkanmu ke dalam surga.

  1. Sepertiga Alquran

Membaca Surat Al Ikhlas seperti telah membaca sepertiga Alquran. Sebab, di dalamnya mengandung banyak kekuasaan dan keesaan Allah.

Imam Bukhori juga meriwayatkan bahwa surat Al-Ikhlas sebanding dengan sepertiga Alquran. Nabi Saw bersabda:

“Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya surat Al-lkhlas itu benar-benar sebanding dengan sepertiga Alquran”.

Hadits lain menyatakan:

عَنْ أَبِى سَعِيْدٍ الْخُدْرِىِّ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَصْحَابِهِ أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ ثُلُثَ الْقُرْآنِ فِى لَيْلَةٍ. فَشَقَّ ذَلِكَ عَلَيْهِمْ وَقَالُوْا أَيُّنَا يُطِيْقُ ذَلِكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ فَقَالَ اللهُ الْوَاحِدُ الصَّمَدُ ثُلُثُ الْقُرْآنِ

Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata : Nabi saw bersabda kepada sahabat-sahabatnya : Apakah seorang diantara kamu tidak mampu membaca sepertiga Qur’an dalam satu malam? Lalu mereka merasa keberatan, mereka berkata: Siapa diantara kita yang mampu melakukan hal itu Wahai Rasulullah! Beliau bersanda : ALLAHUL WAAHID ASH-SHAMAD (maksudnya surat Al-Ikhlash) nilainya adalah sepertiga Al-Qur`an. (H. R. Bukhari no. 5015)

عَنْ أَبِى سَعِيْدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ رَجُلاً سَمِعَ رَجُلاً يَقْرَأُ ( قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ ) يُرَدِّدُهَا فَلَمَّا أَصْبَحَ جَاءَ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ وَكَأَنَّ الرَّجُلَ يَتَقَالُّهَا فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

Dari Abu Sa’id Al-Khudri bahwa seorang laki-laki mendengar seseorang yang membaca surat: QUL HUWALLAHU AHAD, dan orang itu selalu mengulang-ngulangnya. Di pagi harinya, maka laki-laki itu pun segera menemui Rasulullah saw dan mengadukan mengenai seseorang yang ia dengar semalam membaca surat yang sepertinya ia menganggap sangat sedikit. Maka Rasulullah saw pun bersabda: Demi Dzat yang jiwaku berada di genggaman-Nya, sesungguhnya surat itu benar-benar menyamai sepertiga Al-Qur`an.  (H. R. Bukhari no. 5013).

Wallahu a’lam (dbs/fur)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *