Proses Pemilihan Direksi BUMN Pakai Sistem Talent Pool, Apa Itu?

Foto: Liputan6
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id-Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjelaskan ada proses di internal kementerian dalam menunjuk direksi untuk perusahaan pelat merah. Salah satunya dengan sistem talent pool.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menuturkan sistem talent pool itu akan menyeleksi siapa-siapa saja yang tepat menjadi direktur di BUMN. Talent pool itu sendiri dikelola oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Alex Denni.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Makanya jangan heran antar BUMN saling ganti, itu karena satu talent pool. Dia akan seleksi. Kami ada deputi SDM, mereka akan kelola talent pool,” ucap Arya dalam video conference, Selasa (16/6).

Setelah sistem talent pool menemukan pihak-pihak yang cocok menjadi direktur di salah satu BUMN, maka namanya akan diajukan ke Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo.

“Nanti diajukan ke masing-masing wakil menteri,” imbuh Arya.

Jika perusahaannya strategis, sambung Arya, maka nama tersebut juga akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). BUMN strategis yang dimaksud, yakni PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, dan beberapa bank.

“Aturan ini sudah sejak lama, sejak jaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),” terang Arya.

Proses yang sama juga dilakukan jika ada beberapa pihak yang mengajukan nama kepada Kementerian BUMN. Arya bilang pemerintah terbuka dengan masukan seluruh pihak.

“Kalau ada yang berikan nama, sama saja prosesnya. Apalagi ke depannya Pak Menteri Erick Thohir akan semakin terbuka dari luar. Kesempatan untuk dapatkan putra putri bangsa semakin terbuka lebar,” jelas Arya.

Diketahui, Erick baru saja merombak direksi dan komisaris BUMN. Beberapa perusahaan itu, misalnya Pertamina, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (wh/cnn)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *