Dunia Vs Akhirat

Foto : Unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dunia Vs Akhirat

Miris rasanya melihat ketidakseimbangan sosial yang terjadi. Banyak artis dan sosialita yang memamerkan rekening milyaranannya. Tapi, di sisi lain masih banyak orang yang mengemis demi sesuap nasi dan biaya sekolah anaknya.

Padahal, harta adalah sesuatu yang fana dan tidak akan kekal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah bersabda,

يقول العبد مَالِى مَالِى إِنَّمَا لَهُ مِنْ مَالِهِ ثَلاَثٌ مَا أَكَلَ فَأَفْنَى أَوْ لَبِسَ فَأَبْلَى أَوْ أَعْطَى فَاقْتَنَى وَمَا سِوَى ذَلِكَ فَهُوَ ذَاهِبٌ وَتَارِكُهُ لِلنَّاسِ

“Hamba berkata, “Harta-hartaku.” Bukankah hartanya itu hanyalah tiga: Yang ia makan dan akan sirna, yang ia kenakan dan akan usang, yang ia beri yang sebenarnya harta yang ia kumpulkan. Harta selain itu akan sirna dan diberi pada orang-orang yang ia tinggalkan.” (HR. Muslim no. 2959)

Rasul tak akan dusta, dan kita selayaknya tidak mengingkari perkataannya. Lalu, apa gunanya kita masih memamerkan harta?

Rasul bersabda,

انظروا إلى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”
(HR. Muslim no. 2963)

Maka lihatlah kepada orang di bawahmu, jangan kau lihat orang di atasmu untuk masalah dunia. Karena dunia tak akan pernah ada habisnya jika kau kejar terus-menerus.

Janganlah kita iri dengan dunia seseorang, tapi irilah dengan akhiratnya.

Hasan al-Bashri berkata,

إذا رأيت الرجل ينافسك في الدنيا فنافسه في الآخرة

“Apabila engkau melihat seseorang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka unggulilah dia dalam masalah akhirat.”

Semoga kita dijadikan hamba yang tidak silau dengan gemerlapnya dunia dan selalu istiqomah untuk meraih kedudukan tertinggi di akhirat.

#yang terindah bukanlah yang menyampaikan tapi yang mampu mengamalkannya…
#Jaga hati dalam ketaatan ,istighfar, dzikir ,shalawat tanpa batas…

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *