Keutamaan Membaca Bismillah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Keutamaan Membaca Bismillah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bacaan Bismillah memiliki makna yang luar biasa bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan Bismillah memiliki keutamaan yang luar biasa dalam kehidupan seorang muslim. Lafal Basmalah berupa Bismillahirrahmaanirrahim juga menjadi awal dari setiap penciptaan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Di dalam bacaan Bismillah terdapat keberkahan dalam setiap kebaikan yang dilakukan. Malaikat Jibril pun sangat memuliakan bacaan Bismillah. Bahkan Malaikat Jibril mengucapkan Bismillah sebagai bentuk memuliakan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “ Jibril ketika datang kepadaku yang pertama kali diucapkannya dan diberikan kepadaku adalah kata bismillahir rahmaanirrahim.” (Daarulquthni serta Ibnu umar)

Anjuran Membaca Bismillah

 Ilustrasi Berdoa

 

Betapa mulianya bacaan Bismillah dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sangat dianjurkan untuk mengucapkan Bismillah sebelum mulai melakukan aktifitas yang membawa kebaikan.

Sesuai dengan sabda Rasullullah SAW, “ Barang siapa yang saat keluar dari rumahnya mengucapkan Bismillah hirrahmaanirrahim, maka engkau telah mendapatkan petunjuk dari Allah SWT telah pula dicukupkan kebutuhanmu, dan jika telah telah diberi perlindungan dan penjagaanya maka godaan setanpun akan menyingkir.” (HR. Abu dawud Turmudzi dan Nasa’i)

Karena bukan hanya kita, semua makhluk yang ada di bumi ternyata juga senantiasa mengucapkan Bismillah. Rasulullah SAW bersabada, “ Barang siapa yang membaca Bismillahir rahmaanirrahim dengan penuh keikhlasan dan keyakinan karena Allah SWT, maka gunung gunung yang ada didekatmu akan bertasbih namun sayangnya tak seorangpun yang bisa mendengarnya.”

Keutamaan Membaca Bismillah

Dalam melakukan aktifitas, sangat dianjurkan untuk mengamalkan bacaan Bismillah. Selain memberikan keberkahan didalamnya, membaca Bismillah juga memiliki keutamaan lain. Diantaranya:

Sebagai Pembatas Dengan Setan

Setan selalu berusaha menggoda manusia untuk berlaku menyimpang dari jalan kebenaran. Sehingga membaca Bismillah dapat membuat pembatas antara manusia dan setan. Dengan begitu setan tidak akan bisa mengganggu setiap aktifitas baik yang akan dilakukan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib)

 Tidur

Melindungi Diri Saat Tidur

Salah satu keistimewaan dari bacaan Bismillah, sebagaimana disampaikan Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang menukil dari Imam Ahmad As-Showi dalam kitabnya “ Kasyifatussaja” berikut:

“ Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”

Mencegah Dari Musibah

Allah SWT yang Maha Menguasai segala sesuatu. Dan Allah yang berkehendak atas setiap takdir bagi umat manusia. Maka hanya kepada-Nya seharusnya kita sebagai makhluk senantiasa memohon pertolongan dan perlindungan.

Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “ Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim.  Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi)

(Diambil dari berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *