Hikmah Siang: Jangan Khawatir, Kebatilan akan Sirna

kebatilan pasti sirna
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID,- Para pendakwah janganlah bersedih hati ketika menghadapi kebatilan, karena sesungguhnya kebatilan itu bagai buih, sehingga kebatilan akan sirna. Kita tinggal kuatkan saja pendirian dan istiqomah, Allah yang akan menghancurkan kebatilan itu.

Allah swt berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَسَالَتْ أَوْدِيَةٌ بِقَدَرِهَا فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَدًا رَابِيًا ۚ وَمِمَّا يُوقِدُونَ عَلَيْهِ فِي النَّارِ ابْتِغَاءَ حِلْيَةٍ أَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِثْلُهُ ۚ كَذَٰلِكَ يَضْرِبُ اللَّهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ ۚ فَأَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاءً ۖ وَأَمَّا مَا يَنْفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِي الْأَرْضِ ۚ كَذَٰلِكَ يَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ

Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah ia (air) di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengambang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti (buih arus) itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan tentang yang benar dan yang batil. Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak ada gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan. (QS.Ar-Ra’d:17)

Terkadang kita merasa lemah dan khawatir melihat pengikut kebatilan yang tampak besar dan kuat. Namun ayat ini memberi jawaban atas kekhawatiran kita. Sekuat apapun wajah kebatilan dan sebanyak apapun pengikuti mereka, kebatilan tetaplah kebatilan. Al-Qur’an menggambarkannya bagai buih yang tak berarti sama sekali. Sebanyak apapun, buih tetaplah buih yang mudah menghilang.

Ayat diatas memberi dua perumpamaan atas kebatilan. Yang pertama bagaikan buih di permukaan air dan yang kedua bagai buih pada proses pemurnian tambang seperti emas.

Mengapa kebatilan digambarkan bagai buih?

Adaa beberapa alasan yang dapat kita kutip untuk menjawab pertanyaan ini,

1. Buih mudah menghilang, begitupula dengan kebatilan.

2. Buih itu selalu membayangi atau menempel pada air, seperti kebatilan yang selalu membayangi kebenaran.

3. Buih itu tampak kemilau tapi tak memberi sedikitpun manfaat. Tidak bisa menghilangkan haus ataupun menumbuhkan tanaman.

4. Buih mudah hilang hanya dengan tenangnya air.

5. Buih terlihat banyak dan gaduh namun kosong dan tak ada nilainya sama sekali.

Selain beberapa kesamaan antara buih dan kebatilan, kita juga akan mengutip ayat-ayat yang menguatkan perumpamaan ini.

بَلْ نَقْذِفُ بِالْحَقِّ عَلَى الْبَاطِلِ فَيَدْمَغُهُ

“Sebenarnya Kami melemparkan yang hak (kebenaran) kepada yang batil (tidak benar) lalu yang hak itu menghancurkannya.” (QS.Al-Anbiya’:18)

قُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَمَا يُبْدِئُ الْبَاطِلُ وَمَا يُعِيدُ

Katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil itu tidak akan memulai dan tidak (pula) akan mengulangi.” (QS.Saba’:49)

وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ۚ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا

Dan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap. (QS.Al-Isra’:81)

Jika kita yakin berada dijalan kebenaran maka jangan pernah takut dan khawatir karena kebatilan hanyalah bagai buih. Walau kebatilan tampak besar dan bersuara gaduh seakan yang paling kuat, ingatlah kemenangan hanyalah milik kebenaran.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar