Anies Realisasikan Bangun Kampung Akuarium September 2020

Anies Baswedan saat berada di Kampung Akuarium. (Foto: suara.com)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai membangun atau revitalisasi Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara pada September 2020. Hal tersebut untuk menjalankan amanat Keputusan Gubernur DKI nomor 878 tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat.

Dalam Kepgub tersebut, Kampung Akuarium menjadi kampung yang diprioritaskan untuk ditata oleh gugus tugas itu. Revitalisasi itu termasuk dalam 21 kampung prioritas sesuai Keputusan Gubernur tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemprov DKI Sarjoko mengatakan, penataan Kampung Akuarium tersebut bakal disesuaikan dengan Kawasan Cagar Budaya Kota Tua.

“Peningkatan kualitas pemukiman merupakan program prioritas Pemprov DKI Jakarta dalam upaya menciptakan lingkungan hunian yang tertata, layak, dan manusiawi,” ujar Sarjoko melalui media sosial instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, Ahad (16/8/2020).

Sarjoko menjelaskan bahwa dalam penataan Kampung Akuarium akan dibangun 5 blok dengan 240 unit hunian tipe 36. Setiap hunian bakal dibangun dua kamar. “Lalu, 40 persen dari luas kawasan akan dimanfaatkan menjadi ruang terbuka hijau yang diperuntukkan untuk tempat bermain anak atau ruang interaksi warga,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan penyusunan rencana aksi penataan kawasan berbasis masyarakat dalam hal ini masyarakat didorong untuk bisa ikut berperan aktif serta kolaboratif.

Dalam penataan Kampung Akuarium itu, Pemprov DKI Jakarta  menggandeng Rujak Center for Urban Studies dan Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) untuk membantu DPRKP DKI Jakarta memenuhi kebutuhan warga dengan tepat lewat penataan Kampung Akuarium itu.

Adapun u ntuk keamanan dan kebersihan akan diutamakan dalam pembangunan hunian layak bagi para warga yang ada di Kampung Akuarium. Dari segi keamanan, Pemprov DKI Jakarta akan memastikan kawasan di sekitar Kampung Akurium itu nantinya memiliki tanggul dan warga dapat terbebas dari air rob. Sementara dari segi kebersihan, penyediaan air bersih bagi warga Kampung Akuarium akan diupayakan.

Kampung Akurium menjadi ‘pilot project‘ yang dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai kawasan yang ditata ulang dan jika berhasil diharapkan langkah tersebut dapat diaplikasikan ke 20 kawasan lainnya yang masuk dalam penataan seperti dalam Kepgub 878/2018.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penataan Kampung Akuarium direncanakan terintegrasi dengan kawasan cagar budaya yang ada di sekitarnya.

Anies mengungkapkan sejumlah wilayah di sekitar Kampung Akuarium dijadikan pariwisata budaya. “Karena di situ adalah salah satu tempat yang paling tua di kota Jakarta,” kata Anies di Balai Kota, Selasa, 15 Oktober 2019.

Nantinya, tmbah Anies, penataan kampung itu melibatkan masyarakat setempat, bukan dari rancangan pihak luar sehingga mereka dapat merancang kampungnya berdasarkan aturan yang ada. “Justru ini yang akan jadi percontohan bagaimana masyarakat merancang kampungnya sendiri,” terang Anies menegaskan.

Untuk diketahui, lokasi tersebut sudah pernah digusur oleh Gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (rah/berbagai sumber)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar